[SALAH] NATO Membeberkan Rencana Ekspansi di Dekat Perbatasan Rusia 

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Informasi menyesatkan. Pidato Rob Bauer, pemimpin Komite Militer NATO, tidak menyatakan bahwa NATO telah merencanakan ekspansi di dekat perbatasan Rusia selama bertahun-tahun. Faktanya, pidato tersebut menjelaskan mengenai rencana perombakan struktur Komite Militer NATO.

=====
  
KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

  
Sumber: Artikel Lenta.ru 
https://archive.ph/RyyP0 

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“NATO mengakui rencana untuk melakukan ekspansi di dekat perbatasan Rusia”.

=====

Penjelasan:
Artikel dari media berita Rusia, Lenta.ru menulis berita tentang NATO yang mengakui rencana ekspansi sampai ke dekat perbatasan Rusia. Klaim tersebut diambil dari pidato Rob Bauer selaku Pemimpin Komite Militer NATO di Tallinn, Estonia pada 16 – 18 September lalu. 

Faktanya pernyataan Rob Bauer yang dikutip dalam artikel Lenta.ru berbunyi sebagai berikut:

“Kami membahas restrukturisasi paling ekstensif dari struktur militer kami sejak 1949. Perencanaan untuk ini dimulai beberapa tahun yang lalu, sekarang kami menerapkan rencana ini ke dalam tindakan”.

Jika melihat dokumen tertulis dari konferensi pers gabungan yang diunggah di laman resmi NATO, tidak ada pernyataan dari Rob Bauer yang secara eksplisit menyebutkan kata “ekspansi” sampai di dekat perbatasan Rusia. Kata “perencanaan” yang dikutip dari pidato Rob Bauer merujuk kepada perombakan atau “restrukturisasi” Komite Militer NATO.

Lebih lanjut, berita serupa telah dibahas oleh stopfake.org dengan judul “Fake: NATO “admitted” that they had long planned expansion near the borders of the Russian Federation”.

Dengan demikian, berita yang diunggah oleh Lenta.ru berjudul “NATO mengakui rencana untuk melakukan ekspansi di dekat perbatasan Rusia” merupakan konten yang menyesatkan. 

=====

Referensi:
https://www.nato.int/cps/en/natohq/opinions_207333.htm?selectedLocale=en 


https://www.stopfake.org/uk/fejk-u-nato-viznali-shho-davno-planuvali-rozshirennya-bilya-kordoniv-rf/