[SALAH] Kejahatan di Ukraina Meningkat 270% Sejak 2021

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Informasi menyesatkan. Faktanya kejahatan di Ukraina tidak meningkat, justru menurun sebanyak 25% jika dibandingkan dengan 2021. 

=====
  
KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

  
Sumber: Telegram
https://archive.ph/siUmr#selection-167.0-167.301 

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Sumber kami di OP mengatakan bahwa Menteri Dalam Negeri pekan lalu membuat laporan ke Kantor Presiden tentang peningkatan kejahatan di Ukraina, yang meningkat sebesar 270%. Karena kekurangan personel dan sejumlah besar senjata di tangan, jumlah kejahatan serius meningkat di Ukraina, terutama pembunuhan dan perampokan”.

=====

Penjelasan:
Beredar informasi dari akun Telegram @rezident_ua bahwa kejahatan di Ukraina meningkat 270% jika dibandingkan dengan 2021 lalu. Akun Telegram tersebut menklaim bahwa kejahatan di Ukraina, terutama perampokan dan pembunuhan meningkat karena kurangnya personel dan terlalu banyaknya distribusi senjata untuk masyarakat Ukraina. 

Faktanya berdasar data yang diunggah melalui laman resmi Kementerian Dalam Negeri Ukraina memperlihatkan bahwa tingkat kejahatan di Ukraina justru menurun pada dua bulan pertama perang Ukraina – Rusia.

Selain itu, berdasarkan data yang diunggah oleh Departemen Investigasi Kejahatan Kementerian Dalam Negeri Ukraina, tingkat kejahatan di Ukraina menurun sebanyak 25% jika dibandingkan dengan tahun lalu, begitu pula dengan jumlah pembunuhan dan perampokan. 

Hasil periksa fakta serupa juga telah dibahas oleh situs stopfake.org dengan judul “Fake: the distribution of weapons to the population leads to a 270% increase in crime”. 

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh akun Telegram @rezident_ua merupakan konten yang menyesatkan. 

=====

Referensi:
https://www.npu.gov.ua/news/natspolitsiya-fiksue-rist-zlochinnosti-na-timchasovo-okupovanikh-teritoriyakh-vadim-dzyubinskiy 


https://www.stopfake.org/it/fake-la-distribuzione-di-armi-alla-popolazione-porta-a-un-aumento-del-crimine-del-270/