[SALAH] “IKEA menyumbangkan lusinan kursi sofa yang tidak dapat dijual karena sedikit goresan dan kerusakan ringan”

Informasi palsu. Pihak IKEA membantah adanya program seperti dalam postingan. IKEA juga menjelaskan akun resmi di Facebook bernama IKEA (fb.com/IKEAindonesia) yang sudah bercentang biru atau terverifikasi.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten Palsu
===========================================

Akun Facebook dengan nama Ikea fans (fb.com/100566716156749) pada 17 September 2022 mengunggah sebuah postingan dengan narasi sebagai berikut:

“Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa kami akan menyumbangkan lusinan kursi sofa yang tidak dapat dijual karena sedikit goresan dan kerusakan ringan, semua berfungsi dengan baik, jadi kami akan kirim secara acak kepada seseorang yang mengetik nama Provinsinya contoh “ACEH”. sampai 22 September! semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga”

Sumber: archive.ph/KePDW (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Liputan6, adanya postingan yang berisi klaim bahwa IKEA menyumbangkan lusinan kursi sofa yang tidak dapat dijual secara acak di akun Facebook Ikea fans merupakan konten palsu.

Faktanya, pihak IKEA membantah adanya program seperti dalam postingan. IKEA juga menjelaskan akun resmi di Facebook bernama IKEA (fb.com/IKEAindonesia) yang sudah bercentang biru atau terverifikasi.

Dilansir dari Liputan6 yang menghubungi layanan pelanggan IKEA Indonesia, pihak IKEA membantah adanya program seperti dalam postingan.

“Dapat kami informasikan, untuk akun resmi IKEA Indonesia hanya akun yang terdapat centang biru. Jika terdapat akun IKEA yang tidak bercentang biru, akun tersebut bukan akun resmi kami,” tulis Customer Service Ikea Indonesia melalui Whatsapp kepada Cek Fakta Liputan6.com, Senin (19/9/2022).

Di website resmi IKEA Indonesia, ikea.co.id, di sana tidak terdapat informasi program seperti yang ada dalam postingan. Selain itu di akun Instagram resmi IKEA Indonesia, @ikea_id yang sudah bercentang biru atau terverifikasi juga tidak terdapat program seperti yang ramai dibagikan di media sosial.

REFERENSI
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5073860/cek-fakta-tidak-benar-ikea-bagikan-lusinan-sofa-gratis-dengan-tulis-warna-favorit-di-facebook
https://www.facebook.com/IKEAindonesia

About Adi 1384 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo