[SALAH] Foto “SBY Dijemput Paksa Brimob Bersenjata Lengkap”

Foto editan. Foto asli di awal video itu adalah foto ketika Subden Gegana Satbrimob Polda Jatim mengadakan pelatihan kemampuan Crisis Response Team (CRT) yang dilaksanakan pada Oktober 2010.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook News PAJA (fb.com/newspaja) pada 19 September 2022 mengunggah sebuah video yang terdapat foto pasukan dengan seragam dan mobil polisi serta terdapat seseorang di dalam mobil tersebut dengan narasi “Istana Beri Respon Mengejutkan, SBY Dijemput paksa.”

Di foto tersebut juga terdapat narasi “BREAKING NEWS”, “SBY Dijemput Paksa Brimob Bersenjata Lengkap !!”

Sumber: archive.ph/Pam29 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video dengan foto yang diklaim sebagai penjemputan paksa Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono oleh pasukan Brimob merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, foto di video itu merupakan foto editan. Foto asli di awal video itu adalah foto ketika Subden Gegana Satbrimob Polda Jatim mengadakan pelatihan kemampuan Crisis Response Team (CRT) yang dilaksanakan pada Oktober 2010.

Foto yang asli dimuat di artikel berjudul “PELATIHAN KEMAMPUAN CRISIS RESPONSE TEAM (CRT) DI MARKAS DETASEMEN GEGANA SATBRIMOB POLDA JATIM” yang terbit di situs gegana-jatim.blogspot.com pada Jumat, 15 Oktober 2010.

REFERENSI
https://gegana-jatim.blogspot.com/2010/10/pelatihan-kemampuan-crisis-response.html (Arsip: archive.ph/wip/W36IR)

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo