[SALAH] Perubahan Tarif Transfer Bank BRI Jadi Rp150.000

Informasi palsu. Surat pengumuman bank BRI terkait perubahan tarif transfer yang beredar di media percakapan tersebut adalah hoaks. Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto memastikan perusahaan tidak melakukan pengumuman tersebut. BRI hanya menggunakan saluran resmi website dan social media resmi (verified/centang biru) sebagai media komunikasi.

======

[KATEGORI]: KONTEN PALSU

======

[SUMBER]: WHATSAPP

======

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah pesan di aplikasi percakapan Whatsapp berisi surat elektronik mengatasnamakan bank BRI yang menginformasikan bahwa akan ada kenaikan tarif transfer antar bank yang semula Rp6.500 menjadi Rp150.000 dengan trasaksi tak terbatas selama satu bulan. Dalam surat tersebut nasabah juga diberikan pilihan apakah setuju dengan opsi seperti itu atau tidak.

Berdasarkan hasil penelusuran, Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto memastikan perusahaan tidak melakukan pengumuman tersebut.”Hal tersebut dipastikan tidak benar,” tuturnya saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (6/9/2022).

Dia menegaskan bahwa BRI hanya menggunakan saluran resmi website dan social media resmi (verified/centang biru) sebagai media komunikasi. Di antaranya:

Website: www.bri.co.id
IG: @bankbri_id
Twitter: bankbri_id, kontak bri, promo_bri
FB: Bank BRI
Youtube: Bank BRI

BRI pun menghimbau agar nasabah lebih berhati-hati dan tidak menginformasikan kerahasiaan data pribadi serta data perbankan seperti nomor rekening, nomor kartu, PIN, user & password internet banking, OTP, dan sebagainya kepada orang lain. Termasuk yang mengatasnamakan BRI, baik melalui tautan, website, maupun pesan singkat dari sumber tidak resmi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sebab dikhawatirkan informasi tersebut merupakan modus penipuan social engineering. Jika nasabah terjebak kerugian nasabah dianggap sebagai kelalaian yang memberikan data rahasia sehingga BRI tidak akan bertanggung jawab. Lain cerita jika kerugian terjadi karena sistem perbankan.

Hoaks serupa juda sudah pernah dibantah sebelumnya pada lama turnbackhoax.id pada artikel berjudul “[SALAH] Nomor WhatsApp BRI +1(210)6002003 Menyebarkan Surat Edaran Kenaikan Biaya Transaksi”, (5/6/2022).

======

REFERENSI:

https://finance.detik.com/moneter/d-6276217/bri-pastikan-perubahan-tarif-transfer-jadi-rp-150-ribu-hoax

https://www.cnbcindonesia.com/market/20220906113752-17-369652/jangan-termakan-paket-transfer-bri-rp-150-ribu-ini-hoax