[SALAH] “POMBENSIN TUBAN DIBAKAR MASSA BEGITU HARGA BBM NAIK TGL 03-09-2022”

BUKAN DIBAKAR. Kebakaran di SPBU tersebut diduga karena bocornya tangki mobil pikap yang sedang mengantre di SPBU Singgahan, Kabupaten Tuban, Sabtu (3/9/2022).

Selengkapnya di PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================
Kategori: Konteks yang Salah
===========================

Beredar sebuah postingan Arief’s Dsajah di Facebook dengan narasi:

“*POMBENSIN TUBAN DIBAKAR MASSA BEGITU HARGA BBM NAIK TGL 03-09-2022.* *INI BARU .. & WAJIB DI IKUTI OLEH SELURUH RAKYAT INDONESIA*”

Sumber: https://archive.ph/gFM6g
===========================

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang memperlihatkan kebakaran di sebuah SPBU yang diklaim sebagai pom bensin di Tuban yang dibakar massa begitu harga BBM naik merupakan klaim yang salah.

Faktanya, bukan karena dibakar. Kebakaran di SPBU tersebut diduga karena bocornya tangki mobil pikap yang sedang mengantre di SPBU Singgahan, Kabupaten Tuban, Sabtu (3/9/2022).

Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tuban, Sutaji, mengatakan, kendaraan pikap itu terbakar sekitar pukul 14.00 WIB.

“Saat mengisi BBM di SPBU, pikap tersebut tangkinya bocor sedikit sehingga terjadi kebakaran kecil,” kata Sutaji saat dikonfirmasi.

Mengetahui muncul api dari kendaraan pikap tersebut, petugas SPBU langsung mengambil Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang ada di SPBU untuk memadamkan api.

“Api bisa dipadamkan dengan menggunakan APAR oleh petugas SPBU,” pungkas Sutaji.

REFERENSI:
https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/04/144106778/diduga-tangki-bocor-mobil-pikap-terbakar-saat-antre-isi-bbm-di-spbu-tuban

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo