[SALAH] Video Luhut Perintahkan Kabareskrim Untuk Mengusut Kasus Pembunuhan Brigadir J

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Informasi palsu. Pada video yang terlampir, Luhut memerintahkan Kabareskrim Komjen Agus untuk menangani kasus COVID-19, bukan mengusut kasus pembunuhan Brigadir J.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH

=====

Sumber: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1661509776.982943/singlefile.html

Arsip video:
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2022/08/298626011_128785109718824_2682165135491382968_n.mp4

=====

Narasi
“Oppung Luhut turun tangan, perintahkan Kabareskrim Komjen Agus Andrianto jangan ragu”.. Ga ada urusan siapa dia FS ..
(Jangan sampai dicabt gg* si FS satu”)”.

=====

Penjelasan:
Akun Facebook Isaac Manullang mengunggah video dan menyebarkan informasi bahwa Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan, turun tangan secara langsung untuk memerintahkan Kabareskrim Komjen Agus Andrianto untuk mengusut kasus pembunuhan Brigadir J.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut salah. Video yang terlampir merupakan video potongan Menko Luhut yang dipilah tanpa konteks. Pada potongan video tersebut, terlihat Menko Luhut memerintahan Komjen Agus supaya “jangan ragu-ragu” untuk “mencabut sampai akar-akarnya”.

Juru Bicara Menko Marves, Jodi Mahardi, memberikan klarifikasi video tersebut dengan mengatakan bahwa video tersebut ditujukan untuk penanganan kasus COVID-19, karena Menko Luhut memiliki kapasitas sebagai Koordinator PPKM Darurat. Jodi Mahardi juga menambahkan bahwa video tersebut tidak ada hubungannya dengan kasus pembunuhan Brigadir J.

Informasi serupa juga telah dibahas oleh medcom.id dengan judul “[Cek Fakta] Video Luhut Perintahkan Kabareskrim Usut Pembunuhan Brigadir J Hoaks, Begini Faktanya”.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh Isaac Manullang merupakan konteks yang salah.

=====

Referensi:
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/0KvL31wb-cek-fakta-video-menko-luhut-perintahkan-kabareskrim-usut-pembunuhan-brigadir-j-hoaks-begini-faktanya?fbclid=IwAR32UeN9PD8HIUo_8RMI1TN-YatwbGgZlcp3nSGmpKAIXL-YIVu_pKh4A_8