[SALAH] Ramuan Bawang Putih, Kunyit, Jahe, Dan Madu Dapat Membersihkan Nikotin dan Tar di Paru-Paru

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo.

Informasi menyesatkan. Ahli paru dari RS Persahabatan, Jakarta dr Agus Dwi Susanto mengatakan bahwa belum ada cara yang sudah teruji ilmiah bisa membersihkan paru-paru dari bahan kimia yang berasal dari rokok.

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER] : FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1661137034.426988/singlefile.html

======

[NARASI]:
“Ramuan Ini Pembersih Nikotin dan Tar di Paru-paru
Wajib Bagi Para Perokok
Bahan- bahan : bahan-bahan berupa bawang putih, kunyit, jahe, dan madu.
Caranya:

  1. Siapkan terlebih dahulu 400 gram bawang putih, dua sendok teh kunyit, jahe satu inci (2,5 cm), madu 400 gram serta satu liter air.
  2. Rebus air, lalu campurkan potongan bawang dan parutan jahe ke dalam air rebusan, diamkan hingga air mendidih.
  3. Setelah air mendidih campurkan lagi kunyit yang telah dihaluskan kemudian angkat dan dinginkan.
  4. Air rebusan yang telah dingin disaring untuk memisahkan ampasnya.
  5. Air rebusan sebaiknya dimasukkan ke dalam botol dan simpan di lemari es.
    Cara mengonsumsinya : minum air rebusan sebanyak dua kali sehari pada pagi hari sebelum makan dan malam hari setelah makan (ringan). Dosis yang dianjurkan cukup dua sendok makan setiap kali minumnya.
    Rutin mengonsumsi air rebusan itu akan membantu menghilangkan racun di paru-paru akibat kebiasaan merokok. Adapun kandungan dalam bahan-bahan yang digunakan seperti jahe yang memiliki sifat penyembuhan dan telah digunakan sejak kuno”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook bernama Erno Viati membagikan unggahan mengenai ramuan yang diklaim dapat membersihkan paru-paru yang kotor akibat rokok menggunakan campuran  bawang putih, kunyit, jahe, dan madu. Dalam unggahan yang ia bagikan terdapat langkah-langkah untuk mengolah bahan-bahan tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran, Dokter spesialis paru yang juga Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Agus Dwi Susanto, mengatakan, klaim ramuan bawang putih dan bahan-bahan rempah lain dapat membersihkan paru-paru dari nikotin dan tar akibat merokok adalah tidak benar. Ia mengungkapkan belum ada bukti ilmiah mengenai ramuan tersebut dapat membersihkan tar dan nikotin yang ada pada rokok.
Selain itu Agus mengatakan, kunci membersihkan paru-paru dari nikotin dan tar bagi perokok adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok.
“Kunci membersihkan nikotin dan tar bagi perokok adalah berhenti merokok,” ujar dia.

Berdasarkan dari penelusuran tesebut, dapat disimpulkan bahwa informasi mengenai ramuan bawang putih, kunyit, jahe, dan madu dapat membersihkan nikotin dan tar di paru-paru adalah informasi yang menyesatkan.

======

REFERENSI:
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4302693/viral-ramuan-pembersih-paru-paru-bagi-perokok-benar-bisa-nggak-sih
https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/27/102900565/hoaks-ramuan-bawang-putih-bisa-bersihkan-paru-paru-dari-nikotin-dan-tar?page=all