[SALAH] Kecelakaan Bus Rombongan Paskibraka, 7 Orang Tewas, 15 Orang Luka-Luka di Waropen, Papua

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani. Informasi tersebut salah. Faktanya, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal, membantah kebenaran dari informasi kecelakaan bus yang menyebabkan tewasnya 7 orang penumpang dan 15 orang luka-luka tersebut.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konteks yang Salah

===

Sumber: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1661426419.976196/singlefile.html

===

Narasi:

“Innalillahi, Kecelakaan Bus rombongan paskibraka masuk jurang, 7 orang meningal, 15 Luka-luka. Orang Tua Menangis Histeris di Puskesmas. Waropen”.

===

Penjelasan:

Beberapa waktu lalu sebuah akun Facebook bernama Habil Muqni membagikan sebuah tautan dengan caption yang menjelaskan bahwa telah terjadi peristiwa kecelakaan bus penumpang di daerah Waropen, Papua yang membawa rombongan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dengan menewaskan 7 orang penumpang dan 15 orang lainnya dalam keadaan luka-luka.

Namun melansir dari papua.tribunnews.com, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal, membantah kebenaran dari informasi kecelakaan bus tersebut. Karena hingga saat ini Kamtibmas dan arus lalu lintas di Waropen berjalan aman dan lancar.

Selain itu ia menyatakan bahwa insiden kecelakaan yang dimaksud dalam tautan tersebut merupakan insiden kecelakaan yang pernah terjadi di kawasan Pondok Bulu, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara pada tanggal 28 Februari 2013 lalu, bukanlah insiden kecelakaan yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir ini.

Atas dasar tersebut, melansir dari kumparan.com, Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengimbau kepada masyarakat agar tetap bijak dalam menggunakan media sosial dan jangan mudah percaya terhadap berbagai informasi yang belum tentu kebenarannya.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait kecelakaan bus rombongan paskibraka, 7 orang tewas, 15 orang luka-luka di Waropen, Papua ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konteks yang salah.

Referensi:

https://kumparan.com/bumi-papua/hoaks-kecelakaan-bus-paskibraka-di-waropen-1ygWcyKmK0x/full
https://papua.tribunnews.com/2022/08/19/hoax-bus-paskibraka-kecelakaan-di-kabupaten-waropen-papua-ini-faktanya

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Dedy Helsyanto