[SALAH] Judul Artikel The Journal tentang Cacar Monyet yang Dapat Hidup Selama 120 Tahun dan Menular kepada Orang dalam Jarak 5 Mil

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Bukan judul artikel asli. Faktanya, situs The Journal tidak pernah mengunggah artikel dengan judul tersebut. Artikel dengan foto serupa diunggah pada 23 Juli 2022 dengan judul “Monkeypox declared global health emergency by World Health Organization”.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Parodi/Satire

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.cob.web.id/archive/1659758096.110315/singlefile.html

= = = = =

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Cacar Monyet dapat hidup di gagang pintu dan tempat duduk toilet selama 120 tahun dan dapat menular ke orang yang berada di jarak 5 mil.”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama pengguna “Immasayitlikeso” pada 25 Juli 2022 mengunggah sebuah foto hasil tangkapan layar yang menunjukkan artikel dari The Journal yang berjudul “Monkeypox can live on door handles and toilet seats for 120 years and can infect anyone from 5 miles away”. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, judul artikel tersebut menyatakan bahwa Cacar Monyet yang dapat hidup selama 120 tahun dan menular kepada orang dalam jarak 5 mil atau 8 kilometer.

Berdasarkan hasil penelusuran, judul artikel tersebut bukan merupakan judul artikel asli. Melansir dari AP News, Asisten Direktor Berita di The Journal, Stephen McDermott menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah mengunggah artikel dengan judul tersebut.

Lebih lanjut, artikel dengan foto serupa diunggah pada 23 Juli 2022 dengan judul “Monkeypox declared global health emergency by World Health Organization”.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “Immasayitlikeso” tersebut dapat dikategorikan sebagai Parodi/Satire.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.thejournal.ie/monkeypox-who-emergency-5824302-Jul2022/

https://apnews.com/article/Fact-Check-Monkeypox-Headline-Fake-247789057751

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian