[SALAH] Pesan Whatsapp Penawaran Hadiah Shopee Rp3.000.000

Pesan Whatsapp palsu. Pesan berantai penawaran voucher hadiah senilai Rp 3.000.000 yang mengatasnamakan Shopee adalah hoaks.

======

[KATEGORI]: KONTEN PALSU

======

[SUMBER]: WHATSAPP

======

[NARASI]:

“Hallo kak, Assalamualaikum kami dari customer Shopee.id Kpd. Yth Untuk pelanggan kita sebagai pengguna Aplikasi Shopee. Selamat, nomor ponsel kakak yang terdaftar di Shopeepay nya mendapatkan apresiasi dari kantor Shopee id Berhak terima Bonus voucher gratis dari Shopee senilai Rp3.000.000 Dalam rangka meningkatkan pengguna aplikasi Shopee yang sudah mencapai jt an pengguna. Balas OK untuk Menerima.

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Whatsapp memberikan penawaran voucher gratis senilai Rp 3.000.000 yang diklaim sebagai hadiah dari Shopee dalam rangka meningkatkan pengguna aplikasi Shopee yang sudah mencapai jutaan pengguna.

Melansir dari kompas.com, pihak Shopee sendiri melalui laman resminya telah menerbitkan panduan untuk menghindari penipuan yang mengatasnamakan Shopee.

Penipu yang mengatasnamakan pihak Shopee biasanya menelepon atau mengirim pesan melalui SMS atau WhatsApp dengan ciri-ciri menggunakan ejaan dan tata bahasa yang buruk atau meminta informasi yang sensitif, seperti password atau Kode Verifikasi (OTP), mengumumkan Pemenang undian atau hadiah dari Shopee/ShopeePay beserta nominal hadiah atau melalui scan kode QR, Memberikan informasi teknis terkait akun Shopee atau pesanan, menggunakan dan/atau memberikan alamat situs mencurigakan yang bukan merupakan situs resmi Shopee, mengarahkan untuk scan kode QR.

Berdasarkan hasil penelusuran tersebut, pesan berantai penawaran voucher hadiah senilai Rp 3.000.000 yang mengatasnamakan Shopee adalah hoaks.

======

REFERENSI:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/08/01/142037982/waspada-beredar-pesan-wa-penawaran-voucher-hadiah-shopee-rp-3000000?page=all

https://help.shopee.co.id/portal/article/73457-[Keamanan-Akun]-Bagaimana-cara-menghindari-penipuan%3F