[SALAH] “Surat Bung Hatta pada AR Baswedan”

Halida Nuriah Hatta, putri bungsu Bung Hatta menyatakan surat tersebut palsu dan isinya tidak sesuai dengan kepribadian Hatta.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Pendukung Anies Baswedan Se Indonesia (fb.com/NongNayara) pada 1 Agustus 2022 mengunggah sebuah gambar yang diklaim sebagai surat Bung Hatta pada AR Baswedan.

Sumber: archive.ph/1Xb4K (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya surat dari Bung Hatta kepada AR Baswedan merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, Halida Nuriah Hatta, putri bungsu Bung Hatta menyatakan surat tersebut palsu dan isinya tidak sesuai dengan kepribadian Hatta.

Dilansir dari Historia, Halida Hatta pernah membagikan foto surat tersebut dalam akun media sosialnya. Di sana ia menyebut jika surat tersebut palsu dan isinya tidak sesuai dengan kepribadian Hatta.

“Pelajarilah kiprah Bung Hatta dari masa remajanya sampai dengan akhir hidupnya. Hidup Bung Hatta menginspirasi keturunannya. Kami selalu ambil nilai-nilai baik dari teladan beliau. Tapi heran masih juga ada kelompok yang mau mempecundangi nama besar Bung Hatta,” ucap Halida Nuriah Hatta, putri bungsu Mohammad Hatta, kepada Historia.

Halida Hatta menegaskan bahwa seluruh isi surat itu merupakan kebohongan besar. Tidak ada satupun hal yang sesuai dengan kepribadian Hatta.

“Itu sudah jelas palsu. Tidak perlu dipertanyakan lagi. Namun masalahnya hal itu jangan dibiarkan,” lanjut Halida.

Halida Nuriah Hatta adalah bungsu dari tiga putri Proklamator Kemerdekaan RI dan Wakil Presiden Indonesia pertama, Mohammad Hatta dan istrinya Rahmi Hatta.

REFERENSI
https://historia.id/politik/articles/kisah-surat-hatta-untuk-baswedan-DEnna/page/2
https://id.wikipedia.org/wiki/Halida_Hatta

About Adi 1394 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo