[SALAH] Video “Kemunculan Masjid di Atas Awan di Lombok”

Hasil periksa fakta Fathia IS.

Klaim tersebut salah, faktanya video tersebut merupakan hasil rekayasa digital atau hanya editan. Gambar masjid yang diperlihatkan di atas awan tersebut adalah bangunan Taj Mahal yang terdapat di India.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =
Sumber: Facebook

https://bit.ly/3b2wMPO

= = =
Narasi:
“Masya Allah Kemunculan Masjid diatas awan di Lombok”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah video di Facebook yang menunjukkan sejumlah warga berteriak dan kaget karena terlihat masjid di atas awan yang diklaim muncul di langit Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Video yang dibagikan pada 17 Juli 2022 tersebut 376 ribu kali ditonton dan telah mendapatkan 397 komentar yang mana tidak sedikit orang yang mempercayai video tersebut.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, video tersebut merupakan video hasil rekayasa digital yang telah disunting, gambar masjid di atas awan tersebut memperlihatkan Taj Mahal yang berada di India. Medcom.id dalam hasil penelusurannya menemukan bahwa video orang yang berteriak dan kaget di awal video telah lama beredar sejak Oktober 2021 melalui akun Instagram wolf_wolk. Kemudian hasil penelusuran periksa fakta Liputan6.com menunjukkan bahwa video yang memperlihatkan masjid di atas awan tersebut diunggah oleh akun TikTok @myuz_gaza1 pada 3 April 2022.

Dengan demikian klaim Video Kemunculan Masjid di Atas Awan di Lombok merupakan hoaks dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =
Referensi:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/zNPjE37k-cek-fakta-video-perlihatkan-masjid-di-atas-awan-di-lombok-begini-faktanya

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5020121/cek-fakta-hoaks-video-kemunculan-masjid-di-atas-awan-di-lombok

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/07/23/171353482/hoaks-masjid-di-atas-awan-di-mataram-lombok-ntb?page=all#page2

= = =
Editor: Deddy Helsyanto