[SALAH] Teknologi Kloning Manusia, Perempuan Tidak Perlu Hamil untuk Punya Anak

Hasil periksa fakta Fathia IS.

Klaim tersebut salah, faktanya video yang dibagikan di Twitter tersebut dibuat oleh seorang Content Creator asal Brazil, Mariane Carolina Rossi. Ia mengaku membuat video tersebut untuk menyimulasikan pecahnya kantung ketuban pada saat persalinan dengan menggunakan boneka yang terlihat sangat realistis, itu bukanlah kloning Manusia.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =
Sumber: Twitter

https://archive.ph/87rrP

= = =
Narasi:
“在不久的將來,女性無需親自懷孕,嬰兒可以在一個袋子裡培育。他們現在允許向公眾進行克隆程序嗎?據舉報人稱,這項技術已使用多年~”
Terjemahan:
“Dalam waktu yang tidak terlalu lama, wanita tidak harus hamil secara langsung, dan bayi dapat dikandung dalam tas. Apakah mereka sekarang mengizinkan prosedur kloning kepada publik? Menurut pelapor, teknologi tersebut telah digunakan selama bertahun-tahun.”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah video di Twitter dengan narasi dalam bahasa Mandarin, yang mengklaim adanya teknologi kloning manusia sehingga perempuan tidak perlu mengandung hamil lagi untuk mempunyai anak, bayi dapat dikandung dalam tas. Informasi yang dibagikan tersebut juga mengklaim bahwa teknologi tersebut telah digunakan selama bertahun-tahun.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, video yang dibagikan tersebut merupakan video yang dibuat oleh seorang Content Creator asal Brazil bernama Mariane Carolina Rossi di channel YouTube Sweet Carol. Ia mengonfirmasi kepada AFP bahwa video tersebut bertujuan untuk menyimulasikan pecahnya kantung ketuban pada saat persalinan dengan menggunakan boneka realistis yang dimasukkan dalam plastik besar berisi air. Video asli terdapat pada TikTok dan YouTube dia.

Hingga saat ini tidak ada teknologi kloning manusia. Menurut Institut Riset Genom Manusia Nasional AS, teknologi kloning manusia masih fiksi dan tidak ada bukti ilmiah yang kuat bahwa terdapat ilmuan yang dapat mengloning embrio manusia.

Dengan demikian klaim Teknologi Kloning Manusia, Perempuan Tidak Perlu Hamil untuk Punya Anak merupakan hoaks dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =
Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.32ED6ZY

https://www.genome.gov/about-genomics/fact-sheets/Cloning-Fact-Sheet#:~:text=Have%20humans%20been%20cloned%3F

@sweetcarolyt

Estourando a bolsa do parto empelicado #asmrmedical #partoempelicado #partonormal #medicina #sweetcarol

♬ som original – Sweet Carol

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.32ED6ZY

===
Editor: Deddy Helsyanto