[SALAH] Pelaku Penembakan Mantan PM Jepang Shinzo Abe

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo.

Klaim tersebut tidak benar. Faktanya, foto tersebut bukanlah pembunuh mantan PM Jepang Shinzo Abe melainkan Samzuki Hydaiko, seorang komedian, penulis, dan aktor yang berasal dari Amerika.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.vn/WJ0aY
= = = = =

NARASI:
“BREAKING: #ShinzoAbe’s shooter identified as Samzuki Hydaiko. “A known political extremist and Yakuza member””

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Twitter @EOA_Bants mengunggah foto dan cuitan yang terdapat narasi bahwa penembak Shinzo Abe bernama Samzuki Hydaiko yang dikatakan sebagai seorang ekstremis politik terkenal dan anggota Yakuza.

Setelah ditelusuri, foto dan tokoh tersebut bukanlah pelaku penembakan mantan PM Jepang Shinzo Abe melainkan Samzuki Hydaiko, seorang komedian, penulis, dan aktor yang berasal dari Amerika.

Selain itu, melansir Kompas.com, pelaku penembakan Mantan PM Jepang Shinzo Abe bernama Tetsuya Yamagami. Pelaku penembakan merupakan pria berusia 41 tahun yang mengakui menembak Shinzo Abe dengan senjata rakitan karena tidak puas dengan mantan PM Jepang tersebut. Penembakan sendiri terjadi pada Jumat pagi tanggal 8 Juli 2022, saat sedang menyampaikan pidatonya dalam kampanye untuk anggota partainya di Kota Nara, Jepang.

Dengan demikian klaim akun Twitter @EOA_Bants tidak benar. Informasi tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.indiatoday.in/fact-check/story/netizens-falsely-share-us-comedian-photo-as-ex-japanese-pm-shinzo-abe-suspected-assassin-1973516-2022-07-08
https://www.kompas.com/global/read/2022/07/09/193600270/4-fakta-tetsuya-yamagami-terungkap-rencana-penembakan-mantan-pm-jepang
https://www.tribunnews.com/internasional/2022/07/09/kronologis-penembakan-mantan-pm-shinzo-abe-penangkapan-pelaku-hingga-abe-dinyatakan-meninggal