[SALAH] Indonesia Lolos Semifinal AFF U-19

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo.

Informasi tersebut diketahui merupakan lelucon belaka. Indonesia sendiri gagal melaju ke semifinal piala AFF U-19 setelah kalah head to head dengan Vietnam dan Thailand.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Parodi/Satire

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.vn/V4UOL

= = = = =

NARASI:
“Dapat kabar seru dari WA Group. Bikin kejang kejang Fans Vietnam dan Thailand.”
Narasi :
“BREAKING: Panitia Piala AFF U-19 mengubah aturan head to head menjadi selisih goal, Timnas Indonesia dipastikan lolos ke babak semifinalKabar gembira bagi para pecinta sepakbola Indonesia, Panitia Piala AFF telah mengubah aturan head to head menjadi selisih gol.
Hal itu dilakukan setelah PSSI menyurati AFC terkait dugaan sepakbola gajah antara Vietnam dan Thailand yang berakhir 1-1 dan dinilai sangat merugikan Timnas Indonesia.
Setelah membaca surat dari PSSI, AFC kemudian dengan tegas menegur panitia Piala AFF U-19 dan meminta menyelediki partai Vietnam vs Thailand. Namun panitia piala AFF U-19 dengan tegas menolak hal tersebut karena memerlukan waktu yang lama untuk melakukan investigasi. Sebagai gantinya, Panitia Piala AFF U-19 mengadakan rapat dadakan yang berlangsung di Malaysia.
Rapat sendiri berlangsung tadi malam dan dimulai dari jam 23.45 waktu Malaysia.
Rapat tersebut difokuskan dalam penentuan head to head atau selisih gol yang dipakai dibabak grup.”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twiiter dengan nama pengguna @InfosuporterID mengunggah sebuah tangkapan layar dari Whatsapp yang menginformasikan bahwa panitia Piala AFF U-19 mengubah aturan head to head menjadi selisih goal. Dalam unggahan tersebut menyebutkan bahwa Timnas Indonesia dipastikan lolos ke babak semifinal.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut tidak benar. Melansir Kompas.com, sampai saat ini tidak ada informasi kredibel yang mengatakan bahwa sistem head to head diganti dengan selisih gol. Selain itu aturan ini telah diketahui oleh PSSI ketika dilakukan manager meeting dan tidak ada masalah dengan ini.
Lebih lanjut, Indonesia sendiri telah gugur dalam fase grup setelah kalah head to head dengan Vietnam dan Thailand yang memiliki agresivitas gol lebih besar dari ketiga pertandingan negara tersebut.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter @InfosuporterID tersebut dapat dikategorikan sebagai Parodi/Satire.

= = = = =

REFERENSI:
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5011952/cek-fakta-tidak-benar-timnas-indonesia-lolos-semifinal-piala-aff-u-19-usai-panitia-mengubah-peraturan
https://bola.kompas.com/read/2022/07/11/18203168/pssi-tuntut-aff-untuk-investigasi-laga-thailand-vs-vietnam?page=all
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/07/13/153544182/klarifikasi-timnas-u19-indonesia-lolos-ke-semifinal-piala-aff?page=all