[SALAH] Dua Orang Ini Sudah 100 Tahun Meninggal, Tetapi Mereka Bisa Hidup Kembali.

Faktanya, BUKAN hidup kembali. Foto itu menunjukkan Ma’nene, ritual tradisional membersihkan mayat yang diawetkan di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Selengkapnya di PENJELASAN dan REFERENSI
============================
Konten Yang Menyesatkan
============================

Beredar sebuah postingan di Facebook oleh akun Ani Alestari dengan narasi ” Subhanallah, Dua Orang Ini Sudah 100 Tahun Meninggal, Tetapi Mereka Bisa Hidup Kembali”. Postingan tersebut memuat tautan berisi foto yang diklaim sebagai dua oang yang hidup kembali setelah meninggal selama 100 tahun.

sumber: https://archive.ph/aIjq7

=============================
PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Periksa Fakta AFP, adanya klaim dua orang yang sudah 100 tahun meninggal tetapi mereka bisa hidup kembali merupakan klaim yang menyesatkan.

Pencarian gambar terbalik di Google menemukan bahwa foto itu pernah dimuat di artikel yang diterbitkan di sebuah situs blog wisata pada tanggal 26 Agustus 2014. Artikel blog itu berjudul: “Wisata Horror di Toraja”.

Artikel blog wisata itu menjelaskan tentang ritual Ma’nene di Tana Toraja, yaitu upacara tradisional di mana masyarakat Toraja membersihkan jenazah keluarga mereka yang telah diawetkan. Dalam ritual Ma’nene, yang biasanya dilakukan sebelum atau sesudah panen di bulan Agustus, masyarakat Toraja mengeluarkan jenazah keluarga yang diawetkan dari kuburan, membersihkan dan mendandani mereka dengan pakaian favorit untuk menghormati roh mereka.

Amos Sumbung, yang menulis artikel blog tahun 2014 itu, mengatakan kepada AFP bahwa dia adalah asli Toraja dan foto-foto yang diunggah di blognya diambil saat acara ritual Ma’nene di Toraja di bulan Agustus 2014.

“Fotonya diambil oleh penduduk sekitar tempat Ma’nene di kampung saya. Kebetulan mereka adalah sepupu saya,” kata Amos pada tanggal 19 Juli 2022.

Referensi:
https://jelajahpapua.wordpress.com/2014/08/26/wisata-horor-di-toraja/
https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.32F394B

About Adi Syafitrah 1359 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo