[SALAH] Surat Undangan Penerima Bantuan Dana Operasional Masjid Tahun 2022 Bimas Islam Kemenag

hasil periksa fakta Rahmah an.

Informasi palsu. Faktanya, Ditjen Bimas Islam melalui akun Instagram resmi @bimasislam, menjelaskan bahwa informasi terkait dana bantuan operasional masjid atau bantuan lainnya diinformasikan secara resmi melalui situs bimasislam.kemenag.go.id.

Selengkapnya di penjelasan.

===
[KATEGORI]: KONTEN TIRUAN

===

[SUMBER]: I-Flyer

===

[NARASI]:

Kepala Madrasah
Penerima Bantuan Operasional Masjid tahun 2022
Di Tempat
Dalam rangka kegiatan Pembinaan Perwakilan Pengambilan bantuan serta petunjuk teknis Pencairan dan Penggunaan Dana Bantuan Operasional Masjid tahun 2022 dari TIM Pelaksana teknis penyaluran bantuan operasional Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama Republik Indonesia akan dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal : Terlampir
Tempat : Direktorat Jenderal Bimbingan
Acara : Pembinaan Perwakilan Pengambilan bantuan serta petunjuk teknis Pencairan dan Penggunaan Dana Bantuan Operasional Masjid tahun 2022
narasumber : Kasubdit Direktorat Jenderal Bimbingan”

[LANJUTAN NARASI DI BAWAH]

===
[PENJELASAN]:
Beredar surat undangan bagi penerima bantuan dana operasional masjid tahun 2022 untuk datang ke Kantor Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas Islam) di Jakarta. Dalam surat tersebut terdapat kop dan nomor surat oleh Kemenag Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas.

Setelah ditelusuri, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kementerian Agama (Kemenag), Adib menegaskan surat undangan yang beredar adalah hoaks. Ia menjelaskan bahwa bentuk surat dan susunan penulisannya saja tidak benar. Semua informasi terkait dana bantuan operasional masjid maupun bantuan lainnya diinformasikan secara resmi melalui situs bimasislam.kemenag.go.id.

Sementara itu, untuk mencegah kejadian serupa Kasubdit Kemasjidan Ditjen Bimas Islam Kemenag, Zamroni, menegaskan pihaknya sedang menyusun surat edaran yang akan dikirimkan ke Kanwil Kemenag.

Berdasarkan informasi di atas akun surat undangan bagi penerima bantuan dana operasional masjid tahun 2022 adalah hoaks dan masuk kategori konten tiruan.

===
https://www.instagram.com/p/Cf6EXOkpF90/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

https://bimasislam.kemenag.go.id/post/berita/kemenag-surat-undangan-bagi-penerima-bantuan-masjid-tahun-2022-tidak-benar

===
[LANJUTAN NARASI]:
“Sehubungan dengan hal tersebut, maka kehadirannya dengan nama peserta delegasi yang diajukan kepada Direktorat Umum Agama Islam dan Pembinaan Syariah (tidak diwakilkan) dan membawa Surat Tugas sebagai pengganti uang.
demikian undangan ini kami sampaikan ketersediaan saudara diucapkan terima kasih.
DIREKTORAT URUSAN AGAMA ISLAM DAN PEMBINAAN SYARIAH
HUSEIN FAHMI”