[SALAH] “Indonesia resmi keluar dari AFF, Indonesia dipastikan akan gabung di piala EAFF”

Faktanya adalah tidak ada pernyataan bahwa Indonesia keluar dari AFF usai gagal melaju ke semifinal Piala AFF U19 2022.

Selengkapnya di PENJELASAN dan REFERENSI
================================
Kategori : Konteng Yang Menyesatkan
================================

Beredar sebuah unggahan video di TikTok dengan caption “indonesia resmi keluar dari AFF, indonesia di pastikan akan gabung di piala EAFF” oleh akun Jumrang07.

Sumber : https://archive.cob.web.id/archive/1658228317.725363/singlefile.html

============================
PENJELASAN

Berdasarkan hasil pemeriksaan fakta Tim Cek Fakta Tempo, tidak ada pernyataan resmi dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang menaungi Tim Nasional Sepak Bola Indonesia terkait klaim ini. Begitu pula ASEAN Football Federation (AFF) dan FIFA sebagai induk federasi sepak bola seluruh dunia.

Pada Piala AFF U-19 2022, AFF menerapkan aturan head-to-head bila ada tiga tim atau lebih yang memiliki poin sama di grup. Indonesia kalah head to head lantaran hanya bermain 0-0 saat berjumpa dengan Vietnam dan Thailand pada penyisihan grup.

Dilansir OKEBOLA, Timnas Indonesia U-19 gagal melaju ke semifinal Piala AFF U19 2022, meski menang telak atas Timnas Myanmar U-19 dengan skor 5-1. Pada pertandingan lain, Thailand dan Vietnam berakhir imbang 1-1. Para pendukung Timnas merasa kecewa dengan penampilan Vietnam serta Thailand yang dianggap tidak menjunjung fair play dan sportivitas. Mereka pun meminta PSSI mengajukan protes kepada AFF.

Setelah kekalahan itu, PSSI sebagai induk organisasi sepak bola di Indonesia mengajukan protes ke AFF. PSSI menganggap pertandingan Thailand melawan Vietnam mencederai fair play dan sportivitas.

REFERENSI:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1804/keliru-timnas-indonesia-keluar-dari-aff-dan-bergabung-dengan-eaff

About Adi Syafitrah 1361 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo