[SALAH] Video “NGERI !! Ribuan Korban Terowongan Mina Berserakan Hari Ini”

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Bukan video korban meninggal akibat insiden mati listrik di Terowongan Mina pada 10 Juli 2022 waktu setempat. Faktanya, video tersebut merupakan video korban meninggal akibat insiden di Terowongan Mina pada tahun 2015 lalu.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: YouTube
https://perma.cc/LN4P-GJFE

= = = = =

NARASI:

“NGERI !! Ribuan Korban Terowongan Mina Berserakan Hari Ini”

= = = = =

PENJELASAN:

Kanal YouTube “United Shorts” mengunggah sebuah video yang menunjukkan sebuah area yang dipenuhi beberapa jenazah manusia. Video tersebut disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa jenazah yang terdapat dalam video merupakan korban meninggal dari insiden mati listrik di Terowongan Mina pada tahun 2022.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan video korban meninggal akibat insiden mati listrik di Terowongan Mina pada 10 Juli 2022 waktu setempat. Faktanya, video tersebut merupakan video korban meninggal akibat insiden di Terowongan Mina pada tahun 2015 lalu.

Melansir dari Kompas, Kepala Subdit Pemantauan dan Pengawasan Ibadah Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama, M. Noer Alya Fitra menegaskan bahwa sama sekali tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Lebih lanjut, video serupa yang diambil dari sudut yang berbeda telah diunggah oleh kanal YouTube “BeritaSatu” pada 24 September 2015 dengan judul video “Video Rekaman Korban Tewas Dalam Tragedi Mina”.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh kanal YouTube “United Shorts” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.youtube.com/watch?v=fWjI7tVlHpQ

https://www.kompas.com/tren/read/2022/07/14/180400465/ramai-soal-insiden-lampu-mati-di-terowongan-mina-ini-penjelasan-kemenag?page=all

https://www.merdeka.com/peristiwa/insiden-listrik-mati-sempat-terjadi-di-terowongan-mina-tidak-ada-korban-jemaah-haji-laporan-dari-arab-saudi.html

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian