[SALAH] Anak-Anak di Rusia Menyanyikan Lagu Indonesia Raya untuk Menyambut Presiden RI dalam Misi Perdamaian Rusia-Ukarina

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya, video tersebut adalah video anak-anak SD di Rusia yang menyanyikan lagu Indonesia Raya pada pagelaran budaya Indonesia di Rusia dalam rangka Penanaman Pohon Persahabatan RI-Rusia, Mei tahun 2018 lalu.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
archive.fo/3RDj1
https://www.facebook.com/ani.mini.568/videos/1054553662140106/

=====
[NARASI]:

“Anak-anak sd rusia sedang latihan menyanyikan lagu indonesia raya untuk menyambut kedatangan presiden RI dalam menjalankan misi perdamaian rusia Ukraina”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang menampilkan video paduan suara dari anak-anak di Rusia yang menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dalam narasinya, akun Facebook bernama Tehani ini mengklaim bahwa paduan suara ini dilakukan untuk menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia yang datang ke Rusia dalam misi perdamaian Rusia-Ukraina.

Namun setelah melakukan penelusuran, terdapat sebuah kekeliruan dari narasi di dalam unggahan tersebut. Klaim yang menyatakan bahwa video paduan suara itu adalah untuk menyambut kedatangan Presiden RI ke Rusia dalam misi perdamaian Rusia-Ukraina, adalah klaim yang keliru.

Video yang ada di dalam unggahan adalah sebuah video yang identik dengan unggahan akun Youtube Aditovich, Mei 2018 lalu. Di dalam videonya, akun Aditovich ini memberi judul, “Anak-anak sekolah Rusia menyanyikan lagu Indonesia Raya”. Pada keterangan video dijelaskan bahwa video itu diambil di Sekolah Gymnasium Nomor 18, Kota Korolev, Rusia.

Melansir dari artikel Tribun pada 25 Mei 2018, paduan suara ini merupakan bagian dari pagelaran budaya Indonesia dalam rangka Penanaman Pohon Persahabatan RI-Rusia di kota Korolyov, Moskow. Kegiatan ini juga menjadi momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional RI ke-110 di Rusia.

Jadi dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyatakan bahwa video paduan suara anak-anak Rusia tersebut adalah untuk menyambut Presiden RI dalam rangka misi perdamaian Rusia-Ukraina, merupakan klaim hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/07/01/144348782/hoaks-video-paduan-suara-siswa-rusia-sambut-jokowi

https://www.tribunnews.com/internasional/2018/05/25/dubes-wahid-bangga-murid-sekolah-di-korolyov-rusia-bisa-menyanyikan-indonesia-raya

=====
Editor: Bentang Febrylian