[SALAH] Foto Boris Johnson Kabur ke Laut setelah Mengundurkan Diri dari Jabatan Perdana Menteri Inggris

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Bukan foto Boris Johnson yang kabur ke laut setelah mengundurkan diri dari jabatan Perdana Menteri Inggris. Faktanya, foto tersebut merupakan foto Johnson yang tengah berada di Carbis Bay, Cornwall, Inggris pada tahun 2021 lalu.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Parodi/Satire

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/ynLhh

= = = = =

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“BREAKING: Setelah mengundurkan diri, Boris Johnson kabur ke laut.
Ini sangat menghibur.”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook dengan nama pengguna “ወይኒ ጸጋኣብ” (https://www.facebook.com/profile.php?id=100064811511301) mengunggah sebuah foto yang menunjukkan mantan Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, saat berada di pantai. Unggahan tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa foto tersebut merupakan foto Johnson yang kabur ke laut setelah mengundurkan diri dari jabatan Perdana Menter Inggris.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut bukan merupakan foto yang menunjukkan Boris Johnson yang kabur ke laut setelah mengundurkan diri. Foto tersebut merupakan foto Johnson yang tengah berada di Carbis Bay, Cornwall, Inggris pada tahun 2021 lalu.

Foto serupa telah dimuat dalam artikel BBC News berjudul “In pictures: World leaders bask in Cornwall sun at G7 summit” yang diunggah pada 13 Juni 2021 serta dalam artikel berjudul “Boris Johnson and wife Carrie enjoy morning at Carbis Bay beach before on last G7 Summit day” yang diunggah oleh situs cornwalllive.com pada 13 Juni 2021.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “ወይኒ ጸጋኣብ” tersebut dapat dikategorikan sebagai Parodi/Satire.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.bbc.com/news/uk-57438878

https://www.cornwalllive.com/news/cornwall-news/boris-johnson-wife-carrie-enjoy-5523676

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian