[SALAH] Anaconda raksasa memakan wanita berusia 70 tahun

Faktanya, BUKAN memakan manusia. Ular Piton di video itu lemas setelah memangsa satu ekor babi hutan.

Selengkapnya di PENJELASAN dan REFERENSI
=======================
Kategori : Konten Yang Menyesatkan
=======================

Beredar sebuah postingan berupa video dengan caption “Anaconda raksasa memakan wanita berusia 70 tahun” oleh Hikmahfarm Pangalengan pada tanggal 1 Juli 2022 dan sudah dibagikan sebanyak 27 kali.

Sumber: https://perma.cc/JEH5-TP69

======================
PENJELASAN

Dari hasil penelusuran tim Cekfakta Medcom, klaim video yang beredar memperlihatkan ular anaconda memakan perempuan berusia 70 tahun adalah klaim yang menyesatkan.

Faktanya, bukan anakonda, melainkan ular Piton sepanjang 6 meter yang lemas setelah memangsa satu ekor babi hutan.

Melalui reverse image, video serupa telah beredar di YouTube diunggah kanal SantaiBanget pada 16 Desember 2016 berjudul “Ular Piton Panjang 6 m di halaman Mapolrest Kota Sabang Jum’at 16 desember 2016”.

Berikut deskripsi video tersebut:

“Ular Piton Panjang sekitar 6 Meter yang ditemukan di Cot mancang Gampong Cot Abeuk berada di di halaman Mapolrest kota sabang. Ular Piton panjang 6 m tersebut sudah melemas Setelah Memangsa Satu Ekor Babi Hutan tampak masyarakat sabang sedang menyaksikan langsung ular piton gegerkan warga di halaman Mapolres kota sabang ular piton makan babi hutan ini memang sempat menghebohkan masyarakat kota sabang akhirnya warga berhasil evakuasi ular piton tersebut ke mapolresta kota sabang yang menjadi tontonan warga setempat. Kemunculan Ular piton secara tiba – tiba sering membuat masyarakat resah apalagi kalau sampai ular piton makan mangsa seperti hewan ternak dan lainnya”

Klaim video yang beredar memperlihatkan ular anaconda memakan perempuan berusia 70 tahun adalah salah. Faktanya, bukan anakonda, melainkan ular Piton sepanjang 6 meter yang lemas setelah memangsa satu ekor babi hutan.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/eN4qMX3b-cek-fakta-video-anakonda-memangsa-perempuan-70-tahun-cek-faktanya
https://www.youtube.com/watch?v=QSowvzwg7EE

About Adi Syafitrah 1359 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo