[SALAH] Video “Destinasi baru kebanggan masyarakat jateng stadium di atas danau”

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Bukan stadion di atas danau dan bukan berlokasi di Jawa Tengah. Faktanya, video tersebut menunjukkan Stadion Lukas Enembe di Papua saat bencana banjir di Kabupaten Jayapura pada Januari 2022 lalu.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.ph/AY29s

= = = = =

NARASI:

“Destinasi baru kebanggan masyarakat jateng stadium di atas danau, buatan
@ganjarpranowo

Memang hebat keren.

Cc.
@ruhutsitompul”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama pengguna “yashudha_naka” mengunggah sebuah video yang menunjukkan kondisi stadion yang dikelilingi oleh genangan air. Video tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa video tersebut menunjukkan kondisi stadion di atas danau yang berlokasi di Jawa Tengah.

Berdasarkan hasil penelusuran, stadion dalam video tersebut bukan merupakan stadion di atas danau dan bukan berlokasi di Jawa Tengah. Faktanya, video tersebut menunjukkan Stadion Lukas Enembe di Papua saat bencana banjir di Kabupaten Jayapura pada Januari 2022 lalu. Video serupa telah diunggah dalam kanal YouTube “Kconk Ozi” melalui fitur YouTube Shorts pada 8 Januari 2022.

Melansir dari RRI, banjir yang melanda Kabupaten Jayapura, Papua tersebut disebabkan oleh Kali Menanti dan Kali Makanway meluap setelah hujan deras, dan menenggelamkan 59 unit rumah warga, 1 unit gereja, serta Stadion Luka Enembe.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “yashudha_naka” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.youtube.com/shorts/VY-QOkqytJI

https://www.youtube.com/shorts/cLKI0IWlsDk

https://rri.co.id/tanggap-bencana/1318546/banjir-jayapura-berangsur-surut

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian