[SALAH] Festival Musik Glastonbury Dipenuhi Sampah Setelah Pidato Greta Thunberg

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Informasi yang salah. Foto yang memperlihatkan lokasi festival musik yang penuh sampah diambil pada 2015, bukan setelah pidato Greta Thunberg di Glastonbury pada tahun 2022.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/ZJQ9G

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):
“Panggung pyramid di #Glastonbury setelah pidato tentang lingkungan dari Greta Thunberg”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @21stCenturyWire mengunggah foto yang memperlihatkan festival musik tahunan di Inggris, Glastonbury, yang dipenuhi sampah. @21stCenturyWire juga menulis klaim bahwa foto tersebut diambil setelah Greta Thunberg, aktivis lingkungan asal Swedia, memberikan pidato tentang pentingnya menjaga lingkungan.

Cuitan yang diunggah pada 26 Juni lalu telah disukai sebanyak 25,800 kali. Terlebih lagi, telah ada hampir 10,000 orang yang membagikan dan mengutip ulang cuitan tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto panggung Glastonbury yang penuh sampah tersebut diambil pada 2015, bukan 2022. Situs berita Daily Mail mengunggah artikel dengan foto yang sama persis, dan artikel tersebut ditulis pada 29 Juni 2015.

Selain itu, bentuk panggung festival Glastonbury 2022 berbeda dengan yang terlihat di foto. Emily Eavis, koordinator festival tahunan Glastonbury, mengunggah foto panggung Glastonbury 2022 pada beberapa hari yang lalu (dengan foto Greta Thunberg di acara tersebut), dan simbol di pyramid panggungnya berwarna biru, bukan berwarna putih seperti foto yang diunggah @21stCenturyWire.

Dengan demikian, cuitan yang ditulis oleh @21stCenturyWire merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.dailymail.co.uk/news/article-3142856/As-year-s-Glastonbury-closes-big-clean-begins.html


https://www.instagram.com/p/CfRBcujowg8/