[SALAH] China Meluncurkan Matahari Buatan

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Hoaks berulang. Video terlampir menunjukkan peluncuran roket di situs peluncuran Wenchang Spacecraft, Cina, bukan peluncuran matahari buatan.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/d97Lr

Arsip video:
https://video.twimg.com/ext_tw_video/1537370055813795840/pu/vid/720×1280/P6C3LdDCaIwgoDcm.mp4?tag=12

=====

Narasi
“Matahari buatan Cina. Coba kalian pikir, manusia bisa buat matahari dari apa? Mau seolah2 udah mengungguli tuhan? Nanti bisa2 dibikin bumi baru tapi tinggal nya dialam gaib”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @damarJR08 mengunggah video yang diklaim sebagai peluncuran matahari buatan oleh Cina. Cuitan @damarJR08 yang ditulis pada 16 Juni tersebut telah disukai 25 orang.

Setelah dilakukan penelusuran menggunakan InVID dan Google Reverse Image Search, video tersebut telah banyak beredar sejak Januari 2022, dan bukan peluncuran matahari buatan oleh Cina. Video tersebut memperlihatkan peluncuran roket yang terjadi di situs peluncuran Wenchang Spacecraft, Cina.

Melansir dari artikel AFP Fact Check, para warga yang sedang merekam peluncuran roket tersebut terdengar menyerukan kalimat-kalimat seperti: “The rocket has been launched!” dan “Fire [up] the engine!” dalam Bahasa Cina, menandakan bahwa video tersebut bukan tentang peluncuran matahari buatan.

Selain itu, informasi serupa telah dibahas oleh turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Video “China Meluncurkan Matahari Buatan” dan dikategorikan sebagai konteks yang salah.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @damarJR08 merupakan konteks yang salah.

=====

Referensi:
https://tinyurl.com/bdh6dkmw


https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9VZ4TH-1


https://turnbackhoax.id/2022/01/09/salah-video-china-meluncurkan-matahari-buatan/