[SALAH] Video Anies Baswedan di Produk Mainan Hot Wheels sebagai Atribut Ajang Formula E

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat Mafindo Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, VP Communication Organizing Committee Formula E Jakarta Iman Sjafei membantah adanya merchandise mobil berwajah Anies Baswedan.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Menyesatkan

====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/DUZOz

====

Narasi:

“Perusahaan mainan terkemuka dunia Hot Wheels, memasang foto Anies Baswedan sbg atribut dalam kemasan produk mainan mobil-mobilan yg berlaga di ajang Formula E. Produk dunia memakai gambar Anies Baswedan..🤩
Masih cerita #JakartaEPrix”

====

Penjelasan:

Akun Twitter OMMI LILY💚(@siregar_najeges) mengunggah cuitan berupa video berwajah Anies Baswedan pada kemasan produk Hot Wheels di ajang Formula E . Cuitan yang diunggah pada 6 Juni 2022 mendapat atensi berupa 3,4 ribu suka dan 726 retweet.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut adalah hoaks. Mengutip dari Detikcom, VP Communication Organizing Committee Formula E Jakarta Iman Sjafei mengonfirmasi bahwa mobil mainan itu bukan bagian merchandise Formula E Jakarta. Seluruh merchandise resmi dikeluarkan oleh Formula E Operation (FEO) selaku penyelenggara Formula E global.

“Tidak ada. Merchandise resmi bahkan dari FEO semua,” tegas Iman.

Iman menambahkan, merchandise yang dikeluarkan oleh FEO hanya kaos, topi, dan totebag. Bahkan, tidak ada merchandise lokal dari Pemprov DKI Jakarta ataupun tim Gubernur sendiri.

Dengan demikian, cuitan akun Twitter OMMI LILY💚(@siregar_najeges) dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan.

====

Referensi:

https://news.detik.com/berita/d-6112280/viral-bungkus-mainan-hot-wheels-formula-e-gambar-anies-panitia-buka-suara

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-viral-mainan-hot-wheels-formula-e-bergambar-anies-baswedan-simak-faktanya.html

Editor: Dedy Helsyanto