[SALAH] Foto Mantan Manajer yang Mualaf dan Berjualan Es Cincau

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Foto yang terdapat pada thumbnail video bukan merupakan foto mantan manajer yang telah mualaf dan berjualan es cincau. Faktanya, foto tersebut merupakan foto Anggota Dewan Negara Tiongkok, Wang Yi.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content

= = = = =

SUMBER: YouTube
https://perma.cc/Q6PK-EFX9

= = = = =

NARASI:

“Mantan Manager Bergaji Rp 100 Juta Per Bulan Masuk Islam Dan Kini Jualan Es Cincau”

= = = = =

PENJELASAN:

Kanal YouTube dengan nama pengguna “Tinta Hikmah” mengunggah sebuah video seorang pedagang es cincau yang pernah menjabat sebagai manajer di suatu perusahaan. Video tersebut menggunakan foto thumbnail yang menunjukkan foto ketika mantan manajer tersebut sedang berjualan es cincau, serta foto seorang pria yang mengenakan jas rapi.

Berdasarkan hasil penelusuran, meskipun cerita mantan manajer yang kini menjadi mualaf dan berjualan es cincau benar, namun foto pria dengan jas yang terdapat pada thumbnail video bukan merupakan foto mantan manajer tersebut. Faktanya, foto tersebut merupakan foto Anggota Dewan Negara Tiongkok, Wang Yi. Foto tersebut merupakan foto Wang Yi ketika berkunjung ke Jepang pada tahun 2019 lalu. Lebih lanjut, foto tersebut juga menjadi foto di laman Wikipedia Wang Yi.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh kanal YouTube dengan nama pengguna “Tinta Hikmah” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.kantei.go.jp/jp/98_abe/actions/201911/25hyokei01.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Wang_Yi_Japan_2019.jpg (https://archive.ph/FoEgf)

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4273160/cerita-mantan-general-manager-yang-jadi-penjual-es-cincau

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian