[SALAH] Gambar Tangkapan Layar Artikel “Wapres: Pemerintah Gak Sengaja pakai Dana Haji Jadi Tak Dosa”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar tersebut telah disunting pada bagian judul. Faktanya, artikel tersebut milik Viva.co.id dengan judul yang asli “Wapres: Pemerintah Gak Sengaja Pakai Dana Haji Jadi Tak Dosa, Faktanya”.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/QeUeX

= = = = =

NARASI:
“Wapres: Pemerintah Gak Sengaja pakai Dana Haji Jadi Tak Dosa”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Mustafa Limpo pada 11 Juni 2022 pukul 12.55 memposting gambar tangkapan layar artikel milik Vivanews. Artikel tersebut berjudul “Wapres: Pemerintah Gak Sengaja pakai Dana Haji Jadi Tak Dosa”.

Setelah ditelusuri dengan mengacu pada keterangan tanggal yaitu 21 Juni 2022 pukul 11.18 WIB ditemukan artikel asli milik Viva.co.id berjudul “Wapres: Pemerintah Gak Sengaja Pakai Dana Haji Jadi Tak Dosa, Faktanya”. Terdapat kesamaan antara postingan Facebook dengan artikel asli pada keterangan nama Lilis Khalisotussurur yang terletak di bawah judul serta gambar pada artikel. Jika dilihat judul artikel pada postingan Facebook dan artikel asli berbeda.

Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel telah disunting pada bagian judul. Artikel tersebut milik Viva.co.id dengan judul artikel yang asli “Wapres: Pemerintah Gak Sengaja Pakai Dana Haji Jadi Tak Dosa, Faktanya” sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://www.viva.co.id/ragam/cek-fakta/1280190-wapres-pemerintah-gak-sengaja-pakai-dana-haji-jadi-tak-dosa-faktanya

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Dedy Helsyanto