[SALAH] Video Protes Muslim India

hasil periksa fakta Rahmah an.

Bukan di India. Faktanya, video tersebut merupakan video lama yang terjadi di Lahore, Pakistan pada Januari 2021 saat memperingati Chehlum (40 hari wafatnya) Khadim Hussain Rizvi, ketua partai Tehreek-e-Labbaik Pakistan (TLP).

Selengkapnya di penjelasan

====
[KATEGORI]: KONTEN MENYESATKAN

===

[SUMBER]: Twitter

https://archive.ph/HlOcj

===
[NARASI]:
“MERINDING, melihat aksi Muslim India”

===
[PENJELASAN]:
Akun Twitter @MNW_MNW_MNW membagikan sebuah video pada 9 Juni 2022 dengan narasi “MERINDING, melihat aksi Muslim India”. Pada video yang berdurasi 18 detik, menunjukkan kerumunan orang dengan klaim, muslim India melakukan protes di New Delhi. Unggahan video tersebut mendapatkan respon sebanyak 96 retweets, 4 kutipan tweets, dan 284 suka.

Faktanya, video tersebut bukan di New Delhi, India, melainkan di Pakistan. Video terebut bukan video aksi protes muslim India di New Delhi terhadap penyataan Nupur Sharma menghina nabi. Saat dilakukan Pencarian gambar, video yang sama ditemukan di Youtube. Video tersebut diunggah pada 4 Januari 2021 dengan judul “Allama Khadim Hussain Rizvi Chehlum TLP Chehlum 2021”. Chehlum adalah peringatan 40 hari kematian seseorang.

Pada video menampilkan ribuan orang Pakistan berkumpul di Masjid Rehmatul Lil Alameen di Lahore, memperingati 40 hari kematian Khadim Hussain Rizvi. Khadim Hussein Rizvi merupakan seorang cendekiawan Pakistan, penulis dan pendiri Tehreek-e-Labbaik Pakistan (TLP), sebuah organisasi politik agama di Pakistan.

Berdasarkan informasi di atas, video dengan klaim aksi muslim India melakukan protes terkait pernyataan yang dibuat Nupur Sharma tentang Nabi Muhammad adalah hoaks, karena kejadian tersebut berlokasi di Pakistan dan masuk kategori konten menyesatkan.

===

[REFERENSI]:

https://youtu.be/h-_1YNRiKCQ
https://en.baaghitv.com/thousands-of-people-attend-allama-khadim-rizvis-chehlum/

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Khadim_Hussain_Rizvi

https://www.thequint.com/news/webqoof/video-protest-against-nupur-sharma-prophet-remark-fact-check