[SALAH] Gambar Kartu Nikah dengan 4 Kolom Foto Istri

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar tersebut tidak benar. Faktanya, Kementerian Agama telah menjelaskan bahwa hal tersebut tidak benar dan merupakan hoaks lama yang kembali beredar.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Parodi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/zQ28d

= = = = =

NARASI:
“Bagus skrng so ada kartu nikah
Kong dpe latar blkang bagus skali dr bole motamba tempel poto istri smpe 4 😁😁😃😃”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Citro Abu Faiz memposting sebuah gambar Kartu Nikah dengan berlogo Kementrian Agama. Dalam gambar tersebut terdapat 4 kolom untuk foto istri. Postingan tersenbut diunggah pada 8 Juni 2022 pukul 08.57.

Setelah ditelusuri, gambar kartu nikah yang terdapat 4 kolom foto istri merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Ditemukan hoaks yang sama pada bulan Agustus 2021, hal tersebut bedasarkan artikel periksa fakta milik turnbackhoax.id yang berjudul “[SALAH] Kartu Nikah Versi Baru dengan Empat Kolom Foto Istri”.

Lebih lanjut pada website resmi Kementerian Agama Republik Indonesia menjelaskan perihal kartu nikah yang tampilan belakangnya terdapat 4 kolom untuk foto istri merupakan hoaks. Dirjen Bimas Islam Kamaruddim Amin memastikan bahwa kartu tersebut bukan format resmi yang diterbitkan oleh Kementerian Agama. Pada bulan Agustus 2021 Kementerian Agama tidak lagi menerbitkan kartu nikah secara fisik namun akan mendapatkan kartu nikah digital.

Dengan demikian, gambar kartu nikah berkolom foto 4 istri tidak benar. Kementerian Agama telah menjelaskan bahwa hal tersebut tidak benar dan merupakan hoaks lama yang kembali beredar, sehingga masuk dalam kategori parodi.

REFERENSI:
https://turnbackhoax.id/2021/08/29/salah-kartu-nikah-versi-baru-dengan-empat-kolom-foto-istri/
https://kemenag.go.id/read/beredar-hoaks-kartu-nikah-ini-penampakan-kartu-nikah-digital-kemenag-a9mgk

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Dedy Helsyanto