[SALAH] PERTOLONGAN PERTAMA TERKENA MINYAK GORENG ATAU AIR PANAS DENGAN TEPUNG

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada)

Salah, dr Vera Ikasari, SpBP menyatakan bahwa pertolongan pertama luka bakar ringan yaitu diguyur air yang mengalir dari kran selama 30-40 menit. Jangan diberi odol, tepung, kecap, mentega. Paling bagus diberi es.

=====
KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====
NARASI:

PERTOLONGAN PERTAMA TERKENA MINYAK GORENG/AIR PANAS

Semoga bermanfaat

Bisakah anda bayangkan bagaimana luka bakar & bagaimana kulit akan melepuh saat terciprat minyak panas hampir 1 liter diwajah & tangan. Bahkan minyak yang tersiram diwajah sampai kotos-kotos seperti habis cuci muka.
Lalu bagaimana penangannya ?
Ada yang dioles odol / pasta gigi ?
Stop jangan lakukan itu akan menambah proses pembakaran dikulit.
Ada yang disiram air dingin.

Stop, ini hanya membantu sementara.

Langsung dibawa ke dokter ?

Stop jangan panik & jangan langsung dibawa kedokter. Waktu yang terbuang untuk mengeluarkan mobil/motor juga perjalanan menuju klinik akan membuat proses pembakaran dikulit semakin parah

Tips , selalu punya stock tepung terigu didapur untuk jaga-jaga bila terjadi kecelakaan seperti ini. Lebih bagus lagi bila terigu disimpan dikulkas.

(Narasi Lanjutan ada di bagian REFERENSI)

=====
SUMBER: Facebook
https://bit.ly/3aAmgi4

=====
PENJELASAN:

Beredar kembali di platform Facebook klaim tentang tepung terigu yang menjadi pertolongan pertama luka bakar akibat terkena minyak goreng atau air panas.

Setelah ditelusuri, Turnbackhoax.id pernah membahas klaim ini dengan judul “[SALAH] Pertolongan Pertama Luka Bakar Dengan Tepung Terigu” pada 4 November 2021. Artikel tersebut menjelaskan bahwa tepung terigu tidak memiliki kandungan khusus yang bisa bermanfaat untuk mengobati luka bakar. Penggunaan tepung terigu pada luka bakar malah berpotensi menyebabkan infeksi pada luka tersebut. Pada 29 September 2020 turnbackhoax.id juga membahas klaim senada yang berjudul “[SALAH] Tepung Terigu Bisa Obati Luka Bakar”.

Menurut spelialis bedah plastik dari RSU Bunda, dr Vera Ikasari, SpBP, pertolongan pertama pada luka bakar ringan yaitu diguyur air yang mengalir dari kran selama 30-40 menit. Jangan diberi odol, tepung, kecap, mentega. Paling bagus diberi es. Tujuannya, agar panas tidak masuk dan menjalar ke jaringan yang lebih dalam.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka klaim tepung terigu dapat menjadi obat luka bakar adalah keliru dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

=====
REFERENSI:

Narasi Lanjutan:
Begitu tersiram / terciprat minyak panas / air panas.Taburi dengan terigu dibagian yang terkena minyak / air panas.
Diamkan hingga rasa panas hilang, baru kemudian terigu dibilas. #Untuk kasus kecil 15-30 menit biasanya rasa panas mulai hilang.

Untuk kasus besar terciprat minyak panas hingga hampir 1 liter,TABUR terigu,diamkan hingga 2 jam baru hilang rasa panasnya dan kemudian bilas terigunya di bagian yg terkena minyak

Dan bisa dilihat difoto setelah dibilas, diwajah tidak melepuh, hanya memerah dibeberapa bagian tapi tidak terlalu tampak. Dan bisa dilihat yang ditangan juga sama sekali tidak melepuh, hanya memerah dibeberapa bagian. Tapi tidak melepuh dan tidak terasa panas lagi.
Selanjutnya tinggal dibelikan salep di Apotik untuk mengobati luka bakar spt bioplasenton atau yang lainnya agar pemulihan kulit yang memerah bisa lebih cepat sembuh.

Editor: Adi Syafitrah