[SALAH] Anies Melarikan Diri Ke Eropa

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya, Anies Baswedan pergi ke Eropa bukan dalam upaya melarikan diri. Kunjungan ke Eropa merupakan sebuah kunjungan kerja terkait kerjasama BUMD dengan perusahaan-perusahaan di luar negeri.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: FACEBOOK

archive.fo/rsKzN
https://www.facebook.com/groups/1940705386255757/permalink/3274152396244376/

=====
[NARASI]:

“Balap formula e terjadwal bulan juni tgl 4 (2 MINGGU LAGI)….sampai saat ini sirkuit belum jadi….si anies MELARIKAN DIRI dari TANGGUNG JAWAB KE EROPA….Kawatir ketangkap KPK….”

=====
[PENJELASAN]:

Sebuah unggahan beredar di media sosial Facebook. Unggahan ini berasal dari akun bernama Teguh Raharjo, yang mengklaim bahwa Anies Baswedan telah melarikan diri ke Eropa karena keadaan sirkuit Formula-E yang belum rampung, serta khawatir akan ditangkap oleh KPK.

Namun menelusuri terkait dengan kebenaran informasi ini, diketahui bahwa klaim yang menyatakan bahwa Anies Baswedan ke Eropa dalam upaya melarikan diri, merupakan sebuah informasi hoaks. Melansir dari artikel Kompas.com, kegiatan Anies Baswedan ke Eropa adalah dalam rangka melakukan 3 kunjungan kerja, yakni:

  1. Anies mengunjungi London untuk menjajakan kerjasama kelanjutan transportasi ramah lingkungan di DKI Jakarta.
  2. Anies juga membuka perbincangan dengan Bloomberg New Energy Finance (BNEF), di London, supaya dapat mendukung pengadaan bus listrik Transjakarta.
  3. Anies mengadakan pertemuan dengan Wali Kota Berlin Franziska Giffey. Berlin telah menjadi sister city Jakarta dan telah mengembangkan Jakarta Future City Hub secara bersama sama dengan Pemprov DKI.

Informasi yang menyatakan bahwa Anies Baswedan akan ditangkap oleh KPK juga merupakan informasi yang belum dapat dikonfirmasi kebenarannya.

Jadi dapat disimpulkan, informasi yang menyatakan bahwa Anies Baswedan melarikan diri ke Eropa karena sirkuit Formula-E belum selesai serta takut ditangkap KPK adalah informasi hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://metro.tempo.co/read/1593707/mengintip-kembali-hasil-lawatan-anies-ke-eropa-8-hari?page_num=3

https://amp.kompas.com/megapolitan/read/2022/05/17/13390931/anies-dijadwalkan-tiba-di-jakarta-rabu-besok-usai-kunjungan-ke-3-negara

=====
Editor: Bentang Febrylian