[SALAH] Video “seberapa cepat kereta peluru Jepang”

Video itu adalah video simulasi fiksi dengan cara dipercepat secara artifisial alias editing. Menurut web Japan Rail Pass, kecepatan tertinggi Japan Rail di jalur yang menghubungkan Tokyo dan Osaka adalah 320 km/jam atau 199 mph.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Reed Supporters (fb.com/Motosupporters) pada 24 Mei 2022 mengunggah sebuah video dengan narasi:

“How fast the japanese bullet train is” atau yang jika diterjemahkan: “seberapa cepat kereta peluru Jepang”

Sumber: perma.cc/8WHB-YPED (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video kereta peluru Jepang dengan laju mencapai 16600 km/jam lebih merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya video itu adalah video simulasi fiksi dengan cara dipercepat secara artifisial alias editing. Menurut web Japan Rail Pass, kecepatan tertinggi Japan Rail di jalur yang menghubungkan Tokyo dan Osaka adalah 320 km/jam atau 199 mph.

Klaim ini sebelumnya pernah diperiksa fakta melalui artikel berjudul [SALAH] Video “Kereta api peluru Jepun yang baru mencapai 4.800 km / jam” yang terbit di situs turnbackhoax.id pada 8 Oktober 2020.

Dilansir dari artikel ini, video yang identik diunggah oleh kanal YouTube atas nama FERMATA STUDIO. FERMATA STUDIO membagikan video tersebut di YouTube pada 2 Agustus 2020 dengan judul: “Simulation of Window View of Shinkansen Bullet Train Operating from Osaka to Tokyo (515km) in 10 min”. Namun saat ini video tersebut sudah tidak bisa diakses.

Sebelumnya FERMATA STUDIO menyebut itu hanya sebuah karya fiksi. Channel YouTube itu menyebut dirinya seolah-olah sedang melihat pemandangan dari jendela Kereta Peluru Shinkansen.

“Ini adalah video fiksi. Simulasi tampilan jendela Kereta Peluru Shinkansen yang beroperasi dari Osaka ke Tokyo (515 km) dalam waktu 10 menit. Video menggunakan teknik yang disebut selang waktu (dipercepat secara artifisial).”

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2020/10/08/salah-video-kereta-api-peluru-jepun-yang-baru-mencapai-4-800-km-jam/

About Adi 1395 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo