[SALAH] Militer Amerika Menemukan Pestisida dalam Vaksin Covid-19 Moderna

Hasil periksa fakta Fathia IS.

Klaim tersebut salah, faktanya militer Amerika tidak pernah menguji dan menemukan bahwa vaksin Covid-19 Moderna terkontaminasi pestisida. Komando Penelitian & Pengembangan Medis Angkatan Darat AS mengonfirmasi bahwa klaim tersebut tidak benar.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =
Sumber: Twitter
https://archive.md/4s53W

= = =
Narasi:
“Military Finds Pesticides in Moderna Covid-19 Vaccines”
Terjemahan:
“Militer Temukan Pestisida dalam Vaksin Covid-19 Moderna”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah informasi di Twitter yang mengklaim bahwa militer Amerika menemukan pestisida dalam vaksin Moderna. Dalam sebuah artikel yang menjadi rujukan unggahan Twitter tersebut, disebutkan bahwa militer Amerika mengujinya setelah penghancurannya gudang vaksin Covid-19 Moderna di Kota Kansas.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, militer khusus Amerika tidak pernah menguji dan menemukan bahwa vaksin Covid-19 terkontaminasi oleh pestisida. Melalui Snopes.com, klaim tersebut dibantah oleh Komando Penelitian & Pengembangan Medis Angkatan Darat AS yang mengonfirmasi bahwa klaim tersebut tidak benar. Ia menyebutkan bahwa situs web tempat artikel rujukan tersebut berisikan humor, parodi, dan sindiran, sehingga tidak bisa diandalkan sebagai sumber berita yang valid.

Dengan demikian klaim Militer Amerika Menemukan Pestisida dalam Vaksin Covid-19 Moderna merupakan hoaks dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =
Referensi:
https://www.snopes.com/fact-check/military-find-pesticides-moderna-covid/

= = =
Editor: Bentang Febrylian