[SALAH] Bill Gates Memiliki Sebagian Besar Lahan Pertanian di Amerika

Hasil periksa fakta Fathia IS.

Klaim tersebut salah. Faktanya, Bill Gates tidak memiliki mayoritas lahan pertanian AS, Dilansir dari “The Land Report” Bill Gates hanya sebagai pemilik lahan pertanian swasta terbesar di AS dengan persentase sekitar 0,027% dari total lahan pertanian AS.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konten Palsu

= = =
Sumber: Twitter
https://archive.md/A8Rum
https://archive.md/Ztzdo

= = =
Narasi:
“Why the heck are people NOT talking about Bill Gates & the farmland he owns??? #FridayNight #GatesFarms #IllGrowMyOwn”
“Bill Gates is buying up the majority of American farmland and BlackRock is buying the majority of single family houses but I’m supposed to believe the biggest threat to us is Elon Musk buying Twitter?”
Terjemahan:
“Mengapa orang TIDAK membicarakan Bill Gates & tanah pertanian yang dimilikinya??? #FridayNight #GatesFarms #IllGrowMyOwn”
“Bill Gates membeli sebagian besar lahan pertanian Amerika dan BlackRock membeli sebagian besar rumah keluarga tunggal tapi saya percaya ancaman terbesar bagi kita adalah Elon Musk membeli Twitter?”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah informasi di media sosial yang mengklaim bahwa Bill Gates membeli sebagian besar lahan pertanian di Amerika. Dalam informasi tersebut juga dibandingkan dengan ramainya pemberitaan Elon Musk yang membeli Twitter, tidak seramai pemberitaan Bill Gates yang membeli sebagian besar lahan pertanian di Amerika.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, Bill Gates tidak memiliki mayoritas lahan pertanian AS, Dilansir dari “The Land Report” Bill Gates hanya sebagai pemilik lahan pertanian swasta terbesar di AS.

Menurut artikel Januari 2021 oleh ‘The Land Report’, Gates memiliki 242.000 hektar lahan pertanian melalui dua perusahaan manajemen investasi – Cottonwood Ag Management dan Cascade Investment.

Angka tersebut jauh di bawah total luas lahan pertanian AS. Sebuah laporan tahun 2021 yang diterbitkan oleh Departemen Pertanian AS (USDA) mengatakan ada 895.300.000 hektar lahan pertanian di Amerika Serikat. Dengan menggunakan angka-angka itu, Gates memiliki sekitar 0,027% lahan pertanian AS.

Seorang juru bicara Gates juga mengatakan kepada Reuters bahwa klaim Bill Gates memiliki mayoritas lahan pertanian AS adalah salah, menunjuk pada angka USDA.

Dengan demikian, klaim Bill Gates Memiliki Sebagian Besar Lahan Pertanian di Amerika merupakan informasi yang keliru dan termasuk ke dalam konten palsu.

= = =
Referensi:
https://www.farmlandriches.com/largest-private-land-owners/
https://www.reuters.com/article/factcheck-bill-gates-farmland-blackrock/fact-check-bill-gates-doesnt-own-most-u-s-farmland-blackrock-doesnt-own-most-houses-idUSL2N2WX208

= = =
Editor: Bentang Febrylian