[SALAH] Video “21 Mei 2022, Jokowi Resmi Tunjuk Risma Gantikan Anies”

Pada tanggal 21 Mei 2022, Pemerintah Pusat belum menentukan sosok yang menggantikan Anies Baswedan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten Palsu
===========================================

Akun Facebook NORR HD BRICK ART (fb.com/NOORHDBRICKART) pada 21 Mei 2022 mengunggah sebuah video dengan narasi:

“Berita Terbaru – Tepat Pada Hari ini, Jokowi Resmi Tunjuk Risma Gantikan Anies ?”

Sumber: perma.cc/LP4T-5E8N (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa pada tanggal 21 Mei 2022 Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Menteri Sosial Tri Rismaharini atau yang akrab disapa Risma menggantikan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta merupakan konten palsu.

Faktanya pada tanggal 21 Mei 2022, Pemerintah Pusat belum menentukan sosok yang menggantikan Anies Baswedan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta.

Dilansir dari Tempo, di dalam video tersebut sama sekali tidak membahas bahwa Presiden Joko Widodo telah menunjuk Risma sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta.

Video tersebut mencuplik pernyataan mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, yang menilai sosok Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono pantas menjadi calon penjabat Gubernur DKI Jakarta. Djarot memang benar menyatakan hal itu pada 22 Mei 2022 di gedung KPK, sebagaimana juga dimuat sejumlah pemberitaan, seperti dimuat situs CNN Indonesia

Selain Djarot, video itu juga menyebut dua kandidat lain yakni Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) Juri Ardiantoro dan Marullah Matali yang saat ini menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta sejak Januari 2021. Ketiga nama tersebut juga disebut dalam sejumlah pemberitaan media, salah satunya dimuat dalam berita Tempo, 21 Mei 2022.

Video tersebut kemudian menyebut nama keempat yang dianggap cukup menonjol yakni Airin Rachmi Diany mantan Wakil Kota Tangerang Selatan. Nama Airin muncul setelah didukung oleh PWNU DKI Jakarta. Narasi ini benar muncul dalam pemberitaan salah satunya dimuat oleh Republika 16 Mei 2022.

Dikutip dari berita Tempo pada Senin 23 Mei 2022, Tenaga Ahli Utama KSP, Ali Mochtar Ngabalin, menyatakan Istana belum menentukan sosok yang akan menggantikan Anies Baswedan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta.

REFERENSI
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1719/keliru-tepat-pada-hari-ini-jokowi-resmi-tunjuk-risma-gantikan-anies
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220518143353-32-798086/djarot-saiful-heru-budi-cukup-pantas-jadi-pj-gubernur-dki
https://politik.rmol.id/read/2022/05/16/533736/pwnu-jakarta-nggak-apa-apa-dukung-perempuan-jadi-pemimpin
https://metro.tempo.co/read/1593650/kata-eks-plt-gubernur-dki-soal-3-nama-calon-kandidat-pengganti-anies-baswedan
https://nasional.tempo.co/read/1594331/istana-belum-pastikan-sosok-penjabat-gubernur-pengganti-anies-baswedan

About Adi 1395 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo