[SALAH] Tabung Gas Meledak Saat Digoyang-goyang

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Informasi tersebut tidak benar. Faktanya, informasi tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar, sedangkan tabung gas bisa meledak karena faktor kebocoran selang gas, pemasangan regulator yang salah dan menungganakan regulator dengan tekanan gas yang tidak sesuai.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://www.facebook.com/elicasisilmeyana.esmy/posts/423949712398675/

https://archive.ph/Yr6i5

= = = = =

NARASI:
“Larangan keras !!!
Tolong gas tdk boleh digoyang2, sekalipun tabung gas kosong bisa menimbulkan ledakan yg dahsyat !!! Sebarkan.
Silahkan lihat gambar dua orang ini sedang memperbaiki tabung gas yg mampet dg cara digoyang2 akibatnya tabung meledak berkeping2 termasuk tubuh dua orang hancur , sekali lagi hati2 tabung jangan digoyang …… tolong bantu di share yg kpd yg belum tahu demi keselamatan teman & sdr kita.
Waspadalah !.”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Elica Sisil Meyana Esmy memposting sebuah video berdurasi 15 detik. Dalam video tersebut nampak dua orang laki-laki sedang mengoyang-goyang sebuah tabung gas lalu pada detik ke 12 muncul sebuah ledakan. Postingan yang diunggah pada 10 Mei 2021 tersebut mengklaim ledakan tersebut muncul karena tabung gas yang digoyang-goyangkan.

Setelah ditelusuri menggunakan kata kunci “tabung gas meledak karena digoyang-goyang” terdapat beberapa artikel periksa fakta tentang hal tersebut dan didapatkan informasi bahwa klaim tabung gas yang kosong jika digoyang-goyangkan meledak merupakan hoaks lama yang beredar kembali.

Artikel periksa fakta terkait hoaks tabung gas yang meledak karena digoyang-goyang ditemukan pada situs turnbackhoax.id berjudul “[SALAH] Ledakan Tabung Gas LPG Karena Digoyang-goyang” yang diunggah pada 14 November 2020. Terjadinya ledakan tabung gas bisa disebabkan karena faktor seperti kebocoran selang gas, pemasangan regulator yang salah, dan tidak menggunakan regulator dengan tekanan gas yang tidak sesuai. PT Pertamina mengatakan tekanan di dalam tabung gas elpiji hanya sebesar 8 bar sementara tabung baru bisa meledak pada tekanan melebihi 7.000 bar. Ledakan dan kebakaran bisa dicegah dengan menggunakan selang dan regulator dengan kualitas yang baik, selain itu untuk memperkecil resiko ledakan bisa dengan perhatikan sirkulasi udara di ruangan gas disimpan.

Dengan demikian klaim postingan di Facebook tidak benar. Tabung gas bisa meledak karena faktor kebocoran selang gas, pemasangan regulator yang salah dan menggunakan regulator dengan tekanan gas yang tidak sesuai, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://turnbackhoax.id/2020/11/14/salah-ledakan-tabung-gas-lpg-karena-digoyang-goyang/

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian