[SALAH] Video “Sebelum tahanan ini di eksekusi mati, dia menulis surat untuk ibunya”

Pria di foto itu adalah Jeremy Meeks dan bukan narapidana yang dihukum mati. Selain itu, tidak ditemukan bukti bahwa surat di atas benar-benar ditulis oleh seorang terpidana mati atau Jeremy Meeks.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Olke Keke Suak (fb.com/100027243374398) pada 29 April 2021 mengunggah sebuah video yang memperlihatkan foto seorang pria asing dalam baju tahanan dan narasi sebagai berikut:

“Sebelum tahanan ini di eksekusi mati, ia menuliskan sebuah surat yang ditujukan untuk ibunya”

Sumber: perma.cc/8T5H-9HVB (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang memperlihatkan foto seorang pria asing dalam baju tahanan yang diklaim adalah tahanan yang menulis surat untuk ibunya sebelum dihukum mati merupakan konten yang menyesatkan.

Faktanya pria di foto itu adalah Jeremy Meeks dan bukan narapidana yang dihukum mati. Selain itu, tidak ditemukan bukti bahwa surat di atas benar-benar ditulis oleh seorang terpidana mati atau Jeremy Meeks.

Sebelumnya klaim yang mirip pernah diperiksa faktanya di artikel berjudul [SALAH] “SEBELUM DI SETRUM MATI, PERMINTAAN PRIA INI MEMBUAT SURAT WASIAT PADA IBUNYA” yang terbit di situs turnbackhoax.id pada 16 Desember 2019.

Dilansir dari artikel ini, Jeremy Meeks adalah seorang mantan terpidana dari Washington, Amerika Serikat, yang kini menjalani karirnya sebagai seorang model. Jeremy dijatuhi hukuman penjara pada 2014 atas kasus pencurian berat dan kepemilikan senjata api.

Sesuai hasil pencarian di TinEye, foto Meeks dalam baju tahanan berwarna oranye tersebut telah beredar sejak 1 Juli 2014. Dalam layanan gambar daring, Imgur, diketahui bahwa foto tersebut pernah diunggah oleh akun Facebook Hot Radio. Foto itu telah dibagikan hingga 6.991 kali menyusul popularitas Meeks yang melambung setelah Kepolisian Kota Stockholm merilis fotonya yang dianggap tampan tersebut. Setelah beredarnya foto itu, Meeks memiliki banyak penggemar. Ia pun dijuluki “Hot Fellon”.

Foto Meeks dalam baju tahanan berwarna oranye itu diambil di gedung pengadilan Kota Stockton, California, saat persidangan kasusnya pada 18 Juni 2014. Foto-foto Meeks lainnya dalam baju tahanan tersebut juga diunggah di situs stok foto, Getty Images.

Namun, seperti yang sudah disinggung di atas, Meeks tidak dihukum mati. Dikutip dari situs media Inggris, Mirror, pengadilan menjatuhkan hukuman penjara selama 63 bulan atau 5 tahun 3 bulan terhadap Meeks. Hukuman itu dikurangi menjadi 27 bulan atau 2 tahun 3 bulan oleh hakim yang ingin memberinya kesempatan karena tersentuh dengan surat-surat yang dikirimkan oleh penggemar Meeks. Sebuah agen pun akhirnya memberi Meeks tawaran sebagai model. Kesempatan ini membuat hidup Meeks berubah total, dari sebelumnya anggota geng kriminal menjadi seorang super star. Ia resmi keluar dari tahanan pada Maret 2016 dan menjalani hari-harinya sebagai model.

Terkait surat wasiat liping koran dan klaim soal surat wasiat di klaim tersebut telah beredar di media sosial sejak 2015. Salah satu akun yang membagikannya adalah akun Succeed In Life Center-Malaysia pada 15 Desember 2015. Narasi yang ditulis oleh akun itu serupa dengan yang beredar saat ini di media sosial.

Saat itu, organisasi cek fakta Amerika Serikat, Snopes, telah memverifikasi narasi yang viral tersebut. Menurut Snopes, surat itu dibagikan sebagai tuduhan atas pola asuh yang buruk, khususnya kegagalan seorang ibu untuk menegakkan kedisiplinan dan menanamkan kejujuran pada anaknya. Namun, dalam surat itu, tidak terdapat informasi tentang identitas penulis, lokasi ketika ia menulisnya, atau kejahatan yang dituduhkan kepadanya. Snopes tidak menemukan bukti bahwa surat itu benar-benar ditulis oleh seorang terpidana mati atau Jeremy Meeks yang tidak menjalani hukuman mati seperti klaim yang beredar.

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2019/12/16/salah-sebelum-di-setrum-mati-permintaan-pria-ini-membuat-surat-wasiat-pada-ibunya/
https://imgur.com/7UzMPCV
https://www.gettyimages.fi/photos/jeremy-meeks-court-appearance?mediatype=photography&phrase=jeremy%20meeks%20court%20appearance&sort=best#
https://www.mirror.co.uk/3am/celebrity-news/hot-felon-jeremy-meeks-harrowing-20321409
https://www.snopes.com/fact-check/letter-death-row-inmate/

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo