[SALAH] Hari Jadi Penerbangan Garuda Indonesia ke-73

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

PT Garuda Indonesia melalui akun instagram resminya menegaskan bahwa perusahaan tidak pernah mengeluarkan informasi maupun aktivitas promo yang terdapat dalam situs tersebut.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Konten: Konten Palsu

Beredar sebuah pesan berantai melalui Whatsapp yang menyebutkan PT Garuda Indonesia membagikan hadiah senilai Rp 2 juta dalam rangka perayaan HUT ke-73 dengan cara mengisi kuesioner yang terdapat pada link dengan narasi di dalamnya sebagai berikut.

Narasi:
Hari Jadi Penerbangan Garuda Indonesia ke-73!
Melalui kuesioner, Anda akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan 2000000 Rupiah.

Sumber: Whatsapp https://archive.ph/eX6fR Arsip
==========

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, kuesioner berhadiah tersebut adalah palsu. PT Garuda Indonesia melalui akun instagram resminya menegaskan bahwa perusahaan tidak pernah mengeluarkan informasi maupun aktivitas promo yang terdapat dalam situs tersebut.

Klarifikasi tersebut dikeluarkan ketika informasi yang sama beredar di masyarakat pada bulan April 2022, hanya saja terdapat perbedaan nominal rupiah yang dicantumkan.

Dilansir dari Liputan6.com ketika mengonfirmasikan langsung kepada Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Irfan menyatakan, informasi maskapai Garuda Indonesia bagikan uang Rp 5 juta untuk memperingati penerbangannya yang ke 73 tahun adalah hoaks.

Dengan demikian, pesan berantai Whatsapp terkait kuesioner berhadiah yang mengatasnamakan PT Garuda Indonesia dapat dikategorikan sebagai konten palsu.

REFERENSI:
https://www.instagram.com/stories/highlights/17855227930776217/?hl=id
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4940319/cek-fakta-hoaks-garuda-indonesia-bagikan-uang-rp-5-juta-untuk-memperingati-penerbangan-ke-73-tahun

EDITOR: Adi Syafitrah