[SALAH] Foto Lebaran di Indonesia Tahun 2022

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Bukan foto kondisi Lebaran di Indonesia pada tahun 2022. Faktanya, keempat foto tersebut telah diunggah beberapa tahun lalu dan diambil di wilayah yang berbeda-beda.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.ph/VuD8m

= = = = =

NARASI:

“Potret kemeriahan lebaran masyarakat indonesia (yg katanya hidup susah dan miskin) di jalan, mall dan tempat2 wisata. #EidMubarak2022 #mudik #WonderfulIndonesia”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama pengguna “Y_Hidayat_” mengunggah beberapa foto yang menunjukkan kerumunan warga di beberapa tempat yang berbeda. Unggahan tersebut juga disertai keterangan yang menyatakan bahwa foto tersebut merupakan foto-foto kondisi Lebaran di Indonesia pada tahun 2022.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut bukan merupakan foto kondisi Lebaran di Indonesia pada tahun 2022. Faktanya, keempat foto tersebut telah diunggah beberapa tahun lalu dan diambil di wilayah yang berbeda-beda.

Foto pertama telah diunggah dalam artikel media asal Inggris Mirror yang diunggah pada 8 Juli 2016 berjudul “‘Horror’ traffic jam in Indonesia lasted 35 hours – and 18 have died on same stretch of road in a week”. Foto kedua dapat dilihat dalam artikel Tempo yang berjudul “Hari Ini Sampai Minggu, Waspada Main di Pantai Selatan Yogyakarta” yang diunggah pada 11 Juni 2019.

Lebih lanjut, foto ketiga dalam unggahan tersebut telah diunggah dalam artikel TribunNews pada 22 Mei 2020 berjudul “Warga yang Berkerumun Demi Belanja Baju Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19, MUI: Hukumnya Haram”. Sedangkan, foto keempat dapat dilihat dalam artikel dari indiannerve.com berjudul “CDAC WiTrac- India’s First Wireless Solar-Powered Traffic Control System, Unveiled.” yang diunggah pada 25 Juli 2013.

Dengan demikian, foto yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “Y_Hidayat_” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.mirror.co.uk/news/world-news/horror-traffic-jam-indonesia-lasted-8377678

https://travel.tempo.co/read/1213514/hari-ini-sampai-minggu-waspada-main-di-pantai-selatan-yogyakarta

https://www.tribunnewswiki.com/2020/05/22/warga-yang-berkerumun-demi-belanja-baju-lebaran-di-tengah-pandemi-covid-19-mui-hukumnya-haram

https://indiannerve.com/cdac-witrac-indias-first-wireless-solar-powered-traffic-control-system-unveiled-9583/

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian