[SALAH] Foto “Pesta Pernikahan Berubah Jadi Duka, 25 Orang T3was Termasuk Kedua Pengantin Di Tempat”

TIDAK ADA korban jiwa dalam kejadian robohnya tenda pernikahan akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Bolmong Utara, Sulawesi Utara yang terjadi pada Minggu (18/10/2020) yang ada di foto itu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Beredar artikel berjudul “Innalillahi Pesta Pernikahan Berubah Jadi Duka, 25 Orang T3was Termasuk Kedua Pengantin Di Tempat. Semoga Husnul Khotimah, Aminn” yang terbit di situs media-kabar[dot]xyz pada 8 Mei 2022. Artikel memuat foto yang memperlihatkan tenda yang roboh.

Sumber: archive.ph/SUTqQ (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto yang memperlihatkan tenda yang roboh yang diklaim sebagai foto pesta pernikahan yang berubah menjadi duka karena 25 orang tewas termasuk kedua pengantin merupakan konten yang menyesatkan.

Faktanya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian robohnya tenda pernikahan akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Bolmong Utara, Sulawesi Utara yang terjadi pada Minggu (18/10/2020) yang ada di foto itu.

Foto yang indentik dimuat di artikel berjudul “Cuaca Buruk di Bolmut, Wabup Amin Lasena Nyaris Tertimpah Tenda Pernikahan yang Ambruk” yang dimuat di situs beritamanado.com pada 18 Oktober 2020.

Dilansir dari artikel ini, hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) dalam kurun waktu 30 menit pada Minggu (18/10/2020), sekitar pukul 13:00 Wita, menyebabkan beberapa titik mengalami kerusakan.

Di Desa Vahuta, Kecamatan Bintauna, salah satu tenda pernikahan ambruk. Kepada BeritaManado.com, salah satu warga Sarif Ponongoa yang menyaksikan langsung kejadian tersebut mengatakan, para tamu undangan langsung berhamburan di tengah jalan, untuk menghindar dari tenda yang roboh.

Selain itu, dilansir dari Tribun News, dalam acara pernikahan tersebut Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena juga nyaris menjadi korban. Menurut penuturan warga saat kejadian, Wabup Amin Lasena baru mulai akan membawakan sambutan di acara pernikahan tersebut.

Wabup Amin Lasena saat dikonfirmasi menjelaskan, saat itu tiba-tiba angin berhembus kencang menyebabkan terpal terlepas dari ikatan dan besi tenda mulai bergerak. Dirinya mengatakan beruntung saat kejadian dia langsung keluar dari tenda sebelum roboh.

REFERENSI
https://beritamanado.com/cuaca-buruk-di-bolmut-wabup-amin-lasena-nyaris-tertimpah-tenda-pernikahan-yang-ambruk/
https://manado.tribunnews.com/2020/10/18/breaking-news-angin-kencang-wakil-bupati-bolmut-nyaris-tertimpa-tenda-di-acara-nikah

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo