[SALAH] “Sholat Ied di Mesjid Istiqlal 300 ribu orang meluber sampai halaman Gereja Katedral..adem”

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Bukan foto shalat Idul Fitri yang dilaksanakan di Masjid Istiqlal. Faktanya, foto tersebut merupakan shalat Idul Fitri yang dilaksanakan di Masjid Agung Jami Malang yang berdekatan dengan Gereja Kayutangan.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.ph/bEafJ

= = = = =

NARASI:

“Sholat Ied di Mesjid Istiqlal 300 ribu orang meluber sampai halaman Gereja Katedral..adem 🥰🥰🥰”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama pengguna “ezkisuyanto” mengunggah beberapa foto yang menunjukkan jamaah shalat Idul Fitri yang menggunakan pelataran sebuah gereja. Unggahan tersebut juga disertai keterangan yang menyatakan bahwa foto tersebut merupakan foto pelaksanaan shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal yang juga menggunakan pelataran Gereja Katedral.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut bukan merupakan foto shalat Idul Fitri yang dilaksanakan di Masjid Istiqlal. Faktanya, foto tersebut merupakan shalat Idul Fitri yang dilaksanakan di Masjid Agung Jami Malang yang berdekatan dengan Gereja Kayutangan.

Foto yang sama dengan salah satu foto yang dalam unggahan tersebut dapat ditemukan dalam artikel berjudul “Insiden Salah Kiblat Warnai Pelaksanaan Salat Id di Masjid Jami Malang, Akibatnya. . .” yang diunggah oleh TribunNews pada 6 Juli 2016.

Dengan demikian, foto yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “ezkisuyanto” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://suryamalang.tribunnews.com/2016/07/06/insiden-salah-kiblat-warnai-pelaksanaan-sholat-ied-di-masjid-jami-malang-akibatnya

https://www.detik.com/jatim/berita/d-6060905/pelataran-gereja-katolik-di-malang-turut-dipakai-untuk-salat-id

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian