[SALAH] Video “ulil amri wahabi semakin stress, dia membuat kode2 biadab”

BUKAN membuat kode-kode biadab. Presiden Jokowi di video itu sedang belajar bahasa isyarat yang akan dia sampaikan di pembukaan Asian Para Games 2018 pada 6 Oktober 2018. Presiden Jokowi saat itu sedang belajar bahasa isyarat kepada Surya Sahetapy, seorang aktivis tuli di Pesawat Kepresidenan Indonesia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Pengguna Telegram Er Dogan (t.me/ra_hasia) mengirimkan video yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sedang menggunakan bahasa isyarat ke grup Opposite6890 Chat (t.me/chitchat6890) dnegan narasi sebagai berikut:

“ulil amri wahabi semakin stress, dia membuat kode2 biadab..”

Sumber: perma.cc/FCJ7-3DXJ (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sedang menggunakan bahasa isyarat yang diklaim sebagai Presiden Jokowi yang semakin stres dan membuat kode-kode biadab merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, bukan membuat kode-kode biadab. Presiden Jokowi di video itu sedang belajar bahasa isyarat yang akan dia sampaikan di pembukaan Asian Para Games 2018 pada 6 Oktober 2018. Presiden Jokowi saat itu sedang belajar bahasa isyarat kepada Surya Sahetapy, seorang aktivis tuli di Pesawat Kepresidenan Indonesia.

Video yang asli, diunggah oleh Surya Sahetapy di akun Instagramnya pada 21 Juni 2019. Saat itu, Surya memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Presiden Jokowi. Pada unggahan lainnya di tanggal 20 Oktober 2019, Surya memperlihatkan foto kebersamaannya dengan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di Pesawat Kepresidenan Indonesia saat dia mengajari Presiden Jokowi bahasa isyarat.

Asian Para Games 2018 resmi dimulai usai Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikannya saat upacara pembukaan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Sabtu, 6 Oktober 2018. Menariknya, selain mengucapkan kata-kata pembuka, Presiden Jokowi juga meresmikannya dengan menggunakan bahasa isyarat.

“Saya nyatakan dengan resmi Asian Para Games dibuka. Selamat berjuang, sukses,” ucap Jokowi dalam pidatonya sambil menggunakan bahasa isyarat.

REFERENSI
https://www.instagram.com/p/By-S_azhCMA/
https://www.instagram.com/p/B31sR2OhVcx/
https://www.republika.co.id/berita/pgcoee368/begini-cara-jokowi-belajar-bahasa-isyarat
https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20181007050658-178-336278/bahasa-isyarat-dari-jokowi-buka-asian-para-games-2018
https://www.youtube.com/watch?v=nuQGNjxAdSM

About Adi Syafitrah 1361 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo