[SALAH] Foto “Pergi Mudik, 7 Orang Meninggal Karena Kecelakaan Tiga di Antaranya Satu Keluarga Meninggal Di jalanan”

BUKAN kecelakaan saat mudik dan tidak ada yang meninggal di kejadian kecelakaan di foto kecelakaan yang terjadi pada Jumat (11/6/2021).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori: Konteks yang Salah
===========================================

Beredar artikel berjudul “Innalillahi, Kejadian Tadi Siang, Pergi Mudik, 7 Orang Meninggal Karena Kecelakaan Tiga di Antaranya Satu Keluarga Meninggal Di jalanan” yang terbit di stus menitviral[dot]my.id pada April 2022. Artikel ini juga memuat foto kejadian kecelakaan yang melibatkan mobil dan motor.

Sumber: https://archive.ph/Tfgfi (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto kejadian kecelakaan yang melibatkan mobil dan motor yang diklaim sebagai kejadian kecelakaan saat mudik yang mengakibatkan tujuh orang meninggal dunia merupakan klaim yang salah.

Faktanya bukan kecelakaan saat mudik dan tidak ada yang meninggal di kejadian kecelakaan di foto kecelakaan yang terjadi pada Jumat (11/6/2021).

Foto yang identik, dimuat di artikel berita berjudul “Tabrakan Beruntun 3 Mobil dan 2 Motor di Bangka Barat, Korban Hanya Luka Ringan” yang terbit di situs babel.inews.id pada Sabtu, 12 Juni 2021.

Dilansir dari artikel ini, tabrakan beruntun parah terjadi di Jalan Raya Pangkalpinang – Muntok, Kabupaten Bangka Barat melibatkan tiga mobil dan dua motor. Dalam insiden ini para korban hanya mengalami luka ringan. Kecelakaan di Desa Dendang, Kecamatan Kelapa ini terjadi pada Jumat (11/6/2021) sore. Baik mobil dan motor yang terlibat tabrakan ini mengalami kerusakan cukup berat. Namun ajaibnya tidak sampai memakan korban jiwa.

“Korban pengendara mobil dan motor mengalami luka ringan dan sudah dibawa ke puskesmas,” kata Kasat Lantas Polres Bangka Barat, Iptu RTA Sianturi, Sabtu (12/6/2021) siang.

REFERENSI
https://babel.inews.id/berita/tabrakan-beruntun-3-mobil-dan-2-motor-di-bangka-barat-korban-hanya-luka-ringan

About Adi Syafitrah 1335 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo