[SALAH] Video Joe Biden Kejatuhan Kotoran Burung saat Berpidato

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Bukan kejatuhan kotoran burung. Faktanya, serpihan jagung yang mengotori pakaian Joe Biden berasal dari jagung olahan di lokasi ia berpidato.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten Parodi

====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/p6iT1

====

Narasi:

“WATCH: Bird poops on Joe Biden during speech.
Even the birds know he’s a crappy president!”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Nick Adams (@NickAdamsinUSA) mengunggah cuitan berupa video pidato Joe Biden yang diberi narasi adanya burung mengotori pakaian sang presiden Amerika Serikat. Video yang diunggah pada 12 April 2022 telah ditonton lebih dari 1 juta kali dan mendapat atensi berupa 3,5 ribu suka dan 1 ribu retweet.

Berdasarkan hasil penelusuran, bukan burung yang mengotori pakaian Biden, melainkan serpihan jagung. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kate Bedingfield, White House Communications Director, melalui akun Twitter pribadinya (@WHCommsDir) pada 13 April 2022. Foto yang diambil oleh Mandel Ngan pada Getty Images juga menunjukkan bahwa gundukan jagung olahan terlihat sebagai latar belakang saat Biden berpidato di POET Bioprocessing, Menlo, Iowa pada 12 April 2022. Sebagai tambahan, mengutip dari situs resmi White House, jagung menjadi tokoh sentral dalam pidato Biden, yang berfokus pada penurunan biaya energi untuk mengurangi ketergantungan Amerika pada minyak asing sebagai dampak dari konflik Rusia dan Ukraina.

Dengan demikian, cuitan akun Twitter Nick Adams (@NickAdamsinUSA) dikategorikan sebagai Konten Parodi.

====

Referensi:

https://www.gettyimages.com/detail/news-photo/mound-of-processed-corn-is-seen-in-the-background-as-us-news-photo/1239946992?adppopup=true

https://www.whitehouse.gov/briefing-room/speeches-remarks/2022/04/12/remarks-by-president-biden-on-lowering-energy-costs-for-working-families/

Editor: Bentang Febrylian