[SALAH] Video Kepadatan Arus Mudik Jelang Lebaran 2022 di Tol Cikampek Arah Luar Jakarta

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Bukan video jelang musim mudik yang diambil pada 24 April 2022. Pihak Jasa Marga mengonfirmasi bahwa video tersebut diambil di Jalan Tol Jagorawi KM 34 arah Jakarta pada 27 Maret 2022.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konteks yang Salah

====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/Wpokh

====

Narasi:

“Kepadatan Tol Cikampek, ke arah luar Jakarta.
Selamat buat yg sdh terima THR🤩
Buat yg mudik hari ini, Hati² di jalan, enjoy bersama keluarga tercinta.
Love NKRI ⭐️”

====

Penjelasan:
Akun Twitter 🔆 ßAKTI 🔆(@raynoldsurbakti) mengunggah cuitan berupa video yang diklaim sebagai kepadatan Tol Cikampek ke arah luar Jakarta jelang musim mudik pada 24 April 2022. Video yang sudah ditonton lebih dari 20,6 ribu kali telah mendapat atensi berupa 552 suka dan 116 retweet.

Berdasarkan hasil penelusuran, video cuitan itu adalah kemacetan yang terjadi di di Jalan Tol Jagorawi KM 34 arah Jakarta sebelum bulan puasa, tepatnya pada 27 Maret 2022. Mengutip dari Merdeka.com, Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru Santoso mengklarifikasi bahwa kemacetan panjang pada Maret 2022 terjadi sebagai imbas diberlakukannya sistem satu arah (one way).

“Kami sampaikan bahwa video tersebut diambil di Jalan Tol Jagorawi Km 34 arah Jakarta, pada 27 Maret 2022 (sebelum bulan puasa). Pada saat itu terjadi kepadatan lalin arah Jakarta yang merupakan imbas dari lalu lintas one way dari wilayah Puncak menuju ke arah Jakarta. Hal ini berdampak pada sejumlah jalan tol yang terintegrasi dengan Jalan Tol Jagorawi, di antaranya Jalan Tol JORR yang terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” jelas Heru.

Di samping itu, pada unggahan lain di media sosial, video yang sama juga diberikan keterangan sebagai kemacetan di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Video tersebut kemudian mendapat respon dari KBO Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jabar Bayu Catur Prabowo pada 25 April 2022, yang memastikan bahwa arus lalu lintas mulai dari hari Jumat, Sabtu, dan Minggu, jumlah kendaraan yang melintas di Cikatama menuju Cipali tidak lebih dari 40.000 kendaraan.

Dengan demikian, cuitan akun Twitter 🔆 ßAKTI 🔆(@raynoldsurbakti) dikategorikan sebagai Konteks yang Salah.

====

Referensi:

https://www.merdeka.com/amp/peristiwa/jasa-marga-video-viral-macet-panjang-itu-di-tol-jagorawi-kejadian-sebelum-ramadan.html

https://jabar.inews.id/berita/beredar-video-kemacetan-sangat-panjang-di-tol-cipali-polda-jabar-itu-hoaks/all

Editor: Bentang Febrylian