[SALAH] Situs Upgrade Sistem Operasi Windows 11

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Situs palsu. Faktanya, situs dengan domain windows11-upgrade11[dot]com tersebut mengandung malware bernama Inno Stealer yang mampu mencuri data pengguna.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

SUMBER: Portal Daring
https://archive.ph/0Rs9r

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah situs yang melayani upgrade sistem operasi Windows 11 dengan domain windows11-upgrade11[dot]com. Pada situs tersebut, pengguna diminta untuk mengakses tombol “Download Now” atau “Unduh Sekarang” untuk melakukan upgrade sistem operasi.

Berdasarkan hasil penelusuran, situs tersebut adalah situs palsu. Faktanya, situs tersebut mengandung malware bernama Inno Stealer yang mampu mencuri data pengguna. Malware tersebut berada di dalam file yang diunggah dan akan menonaktifkan perangkat keamanan di komputer pengguna, sehingga dapat dengan mudah mencuri data pribadi.

Situs serupa juga pernah beredar pada Februari 2022 lalu. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Situs Microsoft yang Melayani Upgrade Sistem Operasi Windows 11” yang diunggah pada 18 Februari 2022.

Dengan demikian, situs updgrade sistem operasi Windows 11 tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan/Imposter Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.windowscentral.com/windows-11-download-page-imitator-spreading-malware-pcs

https://www.republika.co.id/berita/ral92k463/situs-upgrade-windows-11-palsu-ditemukan-penuh-malware

https://turnbackhoax.id/2022/02/18/salah-situs-microsoft-yang-melayani-upgrade-sistem-operasional-windows-11/

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian