[SALAH] Foto Perempuan Bela Diri Bunuh Pria yang Mau memperkosa Dirinya.

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada)

Salah, foto yang dipakai dalam artikel adalah foto Kholifah, warga Desa Klatakan, Lumajang yang menjadi tersangka dalam kasus perampokan sadis.

=====
KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====
Narasi:
“Perempuan Bela Diri Bunuh Pria yang Mau Memperkosa Dirinya Malah Terancam 25 Tahun Penjara”

=====
SUMBER: Media
https://archive.ph/wip/2hQTA

=====
PENJELASAN:

Beredar sebuah artikel dengan judul “Perempuan Bela Diri Bunuh Pria yang Mau Memperkosa Dirinya Malah Terancam 25 Tahun Penjara”. Artikel ini diposting oleh Beritamanfaat[dot]com pada Senin, 25 April 2022. Dalam artikel tersebut ditampilkan pula foto perempuan dengan memakai baju tahanan dengan papan nama Kholifatul Janah.

Setelah ditelusuri menggunakan Google Reverse Image Seacrh ditemukan foto identik di jpnn.com dengan judul “Lihat, Gadis Cantik Ini Pelaku Kasus Pembunuhan Sadis” yang diunggah pada Minggu, 14 Agustus 2016. Artikel tersebut menjelaskan tentang rekonstruksi kasus perampokan sadis yang berujung dengan tewasnya Fauzi, warga Desa Curah Cabe, Kecamatan Bangsalsari, Jember. Salah satu tersangka dalam kasus ini adalah Kholifah, warga Desa Klatakan, Lumajang. Hasil pemeriksaan polisi, Kholifah dan temannya Shinta diketahui sebagai otak kejahatan yang merencanakan perampokan dengan menyuruh dua eksekutor, yakni Nurhadi dan Didik, warga Jatiroto, Lumajang.

Berdasarkan penjelasan di atas, pemakaian foto dalam artikel “Perempuan Bela Diri Bunuh Pria yang Mau Memperkosa Dirinya Malah Terancam 25 Tahun Penjara” adalah salah, dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

=====
REFERENSI:
https://www.jpnn.com/news/lihat-gadis-cantik-ini-pelaku-kasus-pembunuhan-sadis?page=2

Editor: Adi Syafitrah