[SALAH] Bendera Uni Soviet Dikibarkan di Mariupol di Tengah Ketegangan Rusia – Ukraina Tahun Ini

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Informasi yang salah. Tangkapan foto seorang pria yang mengganti bendera Ukraina dengan bendera Uni Soviet sudah beredar sejak 2015. Foto tersebut juga diambil di Donbass, bukan Mariupol.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH / FALSE CONTEXT

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/WQoDE

=====

Narasi:
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia)

“Penjajah Rusia mengibarkan bendera Uni Soviet di Mariupol. Jangan lupa apa tujuan utama Putin: pemulihan Uni Soviet”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @worldsonalert menyebarluaskan foto pada 18 April lalu, dengan keterangan bahwa penjajah Rusia mengganti bendera Ukraina dengan bendera Uni Soviet. @worldsonalert juga mengklaim bahwa foto tersebut diambil di Mariupol, Ukraina. Cuitan tersebut telah disukai 2,845 orang, dan dibagikan ulang serta dikutip sebanyak 1,000 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut merupakan tangkapan layar dari sebuah video yang sudah beredar sejak 2015. Akun YouTube bernama “VOXKOMM International” telah mengunggah video tersebut pada 4 Maret 2015. Dilihat dari judul dan keterangan video, kejadiannya ada di Donbass, bukan Mariupol.

Lebih lanjut, tangkapan layar tersebut telah banyak beredar di internet, salah satunya di situs imgur.com. Di situs tersebut tertulis bahwa foto diunggah pada 16 Desember 2015.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @worldsonalert merupakan konteks yang salah.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=ySKAzZdb84o&t=61s


https://imgur.com/t/best/qZPsl2i